in

10 Jenis Kecanduan Aneh yang Bisa Terjadi pada Kamu Bahkan Orang di Sekitarmu

10 Jenis Kecanduan Aneh yang Dapat Terjadi — Tidak selalu berkaitan dengan narkoba, obat terlarang, atau alkohol, kecanduan juga bisa terjadi pada banyak hal yang mungkin tidak terpikirkan sebelumnya.

Hal tersebut dimungkinkan karena kecanduan adalah bentuk manifestasi diri dalam banyak bentuk, baik fisik, psikologis, dan perilaku, terlepas dari ada atau tidaknya bahan kimia di dalamnya. Artinya, orang bisa kecanduan pada tindakan, perasaan, atau perilaku, bukan hanya pada zat.

Ada begitu banyak jenis kecanduan yang ditemukan di dunia ini. Seperti 10 jenis berikut yang terbilang aneh dan bisa saja terjadi pada diri sendiri atau orang di sekitar kita. Ingin tahu apa saja? Berikut ulasannya.

10 Jenis Kecanduan Aneh yang Dapat Terjadi

1. Kecanduan Makan Tanah

Kecanduan Makan Tanah

Meskipun terasa mustahil, tapi kecanduan makan tanah benar-benar ada bahkan sempat ada juga di Indonesia. Kondisi seseorang menyukai mengonsumsi tanah disebut geophagia.

Kecanduan ini dapat terjadi karena banyak faktor, dari mulai penyakit kejiwaan hingga akibat kondisi kemiskinan. Kondisi Geophagia sendiri telah didokumentasikan dalam buku teks medis sejak 460 SM.

2. Kecanduan Makan Kaca Gelas

Kecanduan Makan Kaca Gelas

Makan beling bagi orang Indonesia identik dengan atraksi kuda lumping. Namun ternyata kondisi kecanduang makan beling bisa benar-benar terjadi. Kondisi ini disebut Hyalophagia, yakni gangguan makan berupa kecanduan mengonsumsi bahan kaca.

Lantas apa kamu penasaran mengapa orangnya tidak sakit ketika merasa terluka? Perlu diketahui bahwa kecanduan tidak didorong pada logika atau keinginan untuk melindungi diri.

3. Kecanduan Media Sosial

Kecanduan Media Sosial

Keberadaan media sosial memang sudah mengubah banyak pola kehidupan manusia. Bahkan beberapa orang sangat tergantung pada media sosial. Parahnya, ada juga yang sudah pada taraf kecanduan. Profesor di Tren University, Mark D Graffiths, PdD berpendapat bahwa kebiasan scrolling instagram atau memposting di Facebook seperti gelaja kecanduan zat berbahaya.

Baca Juga : Beda dari Yang Lain! 15 Produk Aneh Ini Bisa Dengan Mudah Kamu Temukan di Walmart China!

Angka kecanduan media sosial pun terbilang tinggi. Menurut studi 2012 yang diterbitkan dalam jurnal Current Psychiatry Reviews menunjukkan bahwa 8,2 persen penduduk Amerika Serikat dan Eropa sudah kecanduan media sosial.

4. Kecanduan Tindik Badan

Kecanduan Tindik Badan

Jika kamu sering menindik badan, kemudian merasa selalu ingin menindik di bagian tubuh lain, mungkin saja itu menjadi tanda bahwa kamu sudah kecanduan. Setiap kali mendindik, tubuh melepaskan endorfin sebagai bentuk respon akan rasa sakit dari jarum yang menembus kulit.

Rasa nyeri yang dirasakan itulah yang malah melahirkan kontras berupa rasa senang. Bahkan banyak yang merasa menindik sebagai bentuk melepas stres.

5. Kecanduan Tanning

Kecanduan Tanning

Tanning merupakan upaya mengubah warna kulit menjadi lebih coklat atau gelap. Selain berjemur langsung di bawah sinar matahari, kini ada  metode tanning yang lebih simpel yakni kasur khusus alias tanning bed.

Menariknya, justru ada orang yang merasa kecanduan untuk melakukan tanning bed. Padahal menurut banyak penelitian medis, tanning bed berbahaya bagi tubuh seperi menyebabkan Melanona hingga memicu kanker.

6. Kecanduan Ditolak

Kecanduan Ditolak

Umumnya manusia pasti suka dengan penerimaan, baik yang berkaitan cinta atau pekerjaan. Tapi percayakah kamu bahwa ada juga jenis kecanduan akan penolakan? Orang yang candu penolakan merasakan sama seperti kebahagiaan.

Seperti yang dijelaskan oleh Robert Firestone, seorang Psikolog kepada HuffPost, orang yang pesimistif, bisa mempertahankan pola pikir negatif daripada menentang pikiran tersebut atau berusaha berpikir positif.

Bahkan penelitian yang diterbitkan Jurnal of Neurophysikology menemuka  bahwa ditolak akan merangsang bagian-bagian otak yang berafiliasi dengan motivasi dan penghargaan.

7. Kecanduan Makan Wortel

Kecanduan Makan Wortel

Meskipun wortel baik untuk kesehatan, namun jika berlebihan juga bukanlah sesuatu yang baik. Kecanduan makan wortel ini menurut studi tahun 1996 yang diterbitkan jurnal Psikologi Australia dan Selandia Baru diakibatkan oleh beta karoten. Pigmen beta karoten inilah yang mereplikasi komponen adiktif dari nikotin.

8. Kecanduan Makanan Sehat

Kecanduan Makanan Sehat

Kita memang harus memakan  makanan yang sehat. Beberapa orang bahkan rutin memakan sayur dan buah atau sebagai vegetarian. Hal itu tidaklah salah asalkan tidak sampai pada kondisi kecanduan.

Baca Juga : 10 Phobia Aneh Tapi Nyata, Ada Phobia Kamu?

Kecanduan artinya obsesi yang terlalu berlebihan sehingga justru bisa membuat efek yang berlawanan. Bukannya sehat, rasa cemas karena ingin selalu makan sehat justru akan membuat seseorang stress, kekurangan gizi, dan penurunan kualitas hidup.

9. Kecanduan Menyusui

Kecanduan Menyusui

Fitrahnya seorang ibu yang baru melahirkan akan menyusui bayinya. Namun ada kondisi khusus dimana seorang wanita justru menganggap menyusui sebagai candu.

Hal ini pernah dialami aktris Penelope Cruz dimana ia harus berjuang untuk berhenti menyusi karena baginya ikatan emosional yang hadir antara dia dan anaknya terlalu kuat. Ketika tidak menyusui, ia akan merasa sangat sedih.

10. Kecanduan Mengumpulkan Barang

Kecanduan Mengumpulkan Barang

Kecanduang menimbun atau mengumpulkan barang disebut sebagai Disposophobia. Hal ini merupakan kondisi dimana seseorang secara berlebihan dalam menganggap barang sebagai sesuatu yang berharga, bahkan untuk hal yang dianggap orang lain tidak berharga.

Jika kamu mulai suka mengumpulkan barang tidak penting tanpa memanfaatkannya, sebaiknya mulai mengendalikan diri agar tidak menjadi candu.

Itulah beberapa jenis kecanduan yang terbilang aneh. Kecanduan sendiri pada hakikatnya bukan suatu yang baik karena membuat ketergantungan ekstrem. Oleh karenanya, jika kamu mengalami kecanduan pada sesuatu, segera periksakan diri ke dokter atau psikolog.