in

11 Trik Cerdas untuk Kamu yang Sering Lupa Minum Air

Trik Cerdas Minum – Asupan air pada tubuh adalah hal penting yang tidak boleh diabaikan. Tubuh harus terhidrasi secara berkala agar metabolisme yang ada didalamnya bisa berjalan baik. Jika tidak, tubuh yang dehidrasi akan mengalami ganggaun fungsi mulai dari yang ringan seperti lemas dan sembelit, hingga berat seperti sesak napas, tekanan darah rendah, gangguan denyut jantung, hingga bisa menyebabkan kematian.

Dalam banyak kasus, orang sering lupa minum karena berada di ruangan ber-AC atau terlalu fokus pada pekerjaan. Terlupa akan keinginan untuk minum seperti ini tentu harus diatasi. Jika kamu termasuk orang-orang yang sering lupa minum seperti ini, berikut adalah 11 trik cerdas yang bisa dicontoh.

11 Trik Cerdas Buat Kamu yang Suka Lupa Minum

1. Ketahui Dahulu Berapa Banyak Air yang Kamu Butuhkan

trik cerdas minum

Tiap orang tentu memiliki kebutuhan asupan air yang berbeda karena banyak faktor terutama aktivitas. Trik sederhana untuk mengetahui berapa banyak air yang dibutuhkan tubuh agar tetap terhidrasi adalah dengan melihat warna urin. Ukur berapa banyak air yang kamu butuhkan sepanjang hari agar warna urin tetap berada diantara kuning muda dan bening. 

2. Tidak Masalah dengan Air Dingin

trik cerdas minum

Tidak bisa dipungkiri bahwa kebanyakan orang lebih suka meminum air yang dingin. Menurut Joanne Larsen, ahli diet dan penulis materi nutrisi di situs Ask the Dietitian, mengatakan bahwa preferensi suhu dari setiap orang memang bervarias, tapi umumnya orang akan cenderung lebih banyak minum air jika dingin. Hal ini memang umumnya terjadi pada orang-orang yang bekerja di luar ruang.

3. Memberi Perasa 

trik cerdas minum

Hal yang dimaksud perasa tentunya bukan harus dengan selalu memberi gula atau minum sirup. Perasa bisa didapat dengan cara yang lebih sehat yaitu seperti dengan infuser. Tren infuse water seperti ini tidak selalu berkaitan dengan diet karena bisa diterapkan oleh siapa saja dengan kadar yang wajar.

4. Mengatur Alarm di Smartphone

trik cerdas minum

Tidak hanya untuk bangun tidur, kamu juga bisa memanfaatkan alarm di smartphone sebagai pengingat untuk minum. Hal ini dilakukan dengan mengatur waktu alarm secara berkala seperti setiap satu jam. 

5. Membuat Tanda Batas Air pada Botol Minum

trik cerdas

Jika kamu butuh trik yang lebih unik, mungkin kamu bisa membuat tanda batas air menggunakan spidol permanen di botol minum. Tanda batas air ini dibuat beserta dengan jamnya. Jadi ketika pada jam tertentu, harusnya air berada di batas tersebut. Jika kamu terlewat untuk minum, maka akan diketahui melalui batas air tersebut.

6. Menggunakan Sedotan

C:\Users\USER\Documents\sribulencer\76. Anita 20 artikel\14.6.jpeg

Ternyata, minum dengan sedotan cenderung lebih banyak dibanding meminum langsung di bibir gelas atau botol. Maka, agar minummu lebih banyak tak ada salahnya untuk selalu menyiapkan sedotan. Apalagi sekarang tengah tren sedotan stainless yang dianggap lebih ramah lingkungan.

Baca juga: Berubah Drastis! Pria Ini Membagikan Fotonya Setelah Berhenti Narkoba

10 Minuman Rendah Kalori di Starbucks

Rutinitas Pekerjaan Bikin Nggak Sehat! Ini 6 Tips Ampuh Menjaga Kesehatan di Kantor

7. Makan Makanan Pedas

C:\Users\USER\Documents\sribulencer\76. Anita 20 artikel\14.7.jpg

Secara normal kita akan minum lebih banyak ketika memakan makanan yang pedas. Hal ini bisa menjadi trik untuk kamu yang memang sering lupa minum atau cenderung minum sedikit. Makanan pedas tidak selalu dengan menggunakan cabe atau sambal, tetapi bisa juga dengan cemilan pedas.

8. Pakai Botol Minum atau Tumbler Favorit

C:\Users\USER\Documents\sribulencer\76. Anita 20 artikel\14.8.jpg

Semakin kamu menyukai botol minum, maka kamu akan semakin senang untuk minum. Oleh karena itu, pilihlah botol minum atau tumbler yang memang kamu sukai sesuai kepribadianmu. Apalagi membawa tumbler ke tempat kerja sudah menjadi tren sehingga ada banyak pilihan gaya tumbler yang beredar di pasaran.

9. Selalu Dekatkan Botol Minum dengan Dirimu

C:\Users\USER\Documents\sribulencer\76. Anita 20 artikel\14.9.jpg

Haus tidak selalu menjadi indikator akan hidrasi. Bukan berarti jika kamu tidak haus maka kamu tak perlu minum. Oleh karena itulah agar tidak lupa dengan minum maka selalu dekatkan botol minum dengan dirimu. Jika kamu bekerja di meja, maka pastikan botol minum selalu berada di dekat pandangan.

10. Perbanyak Air Putih, Kurangi Kafein dan Soda

C:\Users\USER\Documents\sribulencer\76. Anita 20 artikel\14.10.jpg

Larsen mengatakan bahwa minuman berkafein dan soda akan mengurangi air di tubuh. Kafein bahkan akan merangsang ginjal untuk mengeluarkan air, sedangakn soda akan menarik air dari jaringan di sekitarkan untuk mencairkan gula dalam soda tersebut. Melihat fakta ini, maka sudah tentu air putih adalah yang terbaik.

11. Memakan Air

C:\Users\USER\Documents\sribulencer\76. Anita 20 artikel\14.11.jpg

Asupan air untuk tubuh tidak hanya melalui air minum. Kamu bisa memasukkan air ke tubuh melalui makanan terutama melalui buah dan sayur. Ya, ada banyak jenis buah dan sayur yang mengandung banyak air seperti mentimun, lobak, semangka, tomat, brokoli, dan bayam. Buah dan sayur ini bisa berkontribusi pada konsumsi air tubuh termasuk dalam hal hidrasi harian.