in

13 Kebohongan yang Biasa Diutarakan Profesional untuk Menarikmu agar Menggunakan Jasa Mereka

Kebohongan Profesional, gokilbos.com — Menjadi profesional atau expert pada suatu bidang memang sangat menyenangkan. Namun ketika sudah merambah pada dunia bisnis, maka seringkali mereka yang profesional tidak benar-benar mengatakan apa yang sesungguhnya. Ya, dalam dunia bisnis sangat penting untuk menarik pelanggan. Oleh karenanya, kata-kata bohong kerap diutarakan agar calon costumer mau menggunakan jasa mereka. Agar kamu tidak menjadi korban, berikut adalah 13 kebohongan yang biasa diceritakan profesional di berbagai bidang serta alasan mengapa mereka mengatakan hal tersebut.

13 Kebohongan Profesional untuk Menarik Klien

1. Personal Trainers

Kebohongan Profesional 1

Kebohongan : Kamu bisa melihat perubahan bentuk tubuh dalam 21 hari

Fakta : Kamu tidak akan benar-benar mendapatkan hasil perubahan bentuk tubuh secara permanen hanya dalam 21 hari, seperti menurunkan berat badan atau mengencangkan perut. Hal ini diungkapkan pula oleh Janis Isaman, pemilik My Body Couture yang berbasis di Calgary. Ia mengatakan bahwa mereka sebenarnya berbohong pada klien karena tujuan berikutnya adalah agar klien kembali menambah sesi training. 

2. Agen Penjualan Rumah

Kebohongan Profesional 2

Kebohongan : Agen penjualan real estate akan mengatakan bahwa mereka bisa meyakinkan penjual rumah untuk memenuhi semua permintaanmu.

Fakta : Agen penjualan tidak sepenuhnya berupaya untuk bisa memenuhi semua permintaan calon pembeli. Makelar penjualan rumah, Keith Home Team juga mengatakan bahwa mereka menerima permintaan yang tidak masuk akal sehingga membuat ketegangan antara penjual dan pembeli.

3. Pengacara

Kebohongan Profesional 3

Kebohongan : Kamu memiliki kasus yang berat

Fakta : Pengacara kerap melebih-lebihkan suatu kasus agar klien merasa membutuhkan mereka. Hal ini juga diamini oleh David Reischer, lawyer dan CEO Legal Advice. Ia mengatakan bahwa banyak pengacara menyatakan beratnya kasus pada klien padahal mereka yakin akan berhasil jika menanganinya. Hal ini dilakukan untuk meminimalisasi kehilangan klien potensial.

4. Mekanik

Kebohongan Profesional 4

Kebohongan : Saya sendiri tidak mau mengambil risiko jika mengendarai mobil ini lebih jauh.

Fakta : Seorang mekanik tentu tidak ingin kehilangan kliennya yang sudah datang dengan mengatakan bahwa mobilnya baik-baik saja. Seperti kata Jake McKenzie dari Auto Accessories Garage, mekanik umumnya akan menyampaikan bahwa mobil sangat berpotensi rusak jika dibawa terlalu jauh.

Baca Juga: 20 Fakta Unik yang Mungkin Bisa Mengubah Perspektifmu akan Sesuatu
Menarik! Inilah 15 Restoran McDonald’s dengan Desain Terunik di Seluruh Dunia

5. Konsultan Bisnis

Kebohongan Profesional 5

Kebohongan : Kami sangat memahami bisnis Anda.

Fakta : Ketika kamu baru saja datang dan berkonsultasi, seorang konsultan bisnis sudah sangat yakin mengatakan bahwa mereka sangat memahami bisnis yang kamu jalani. Faktanya ini tidaklah benar. Nick H. Kamboj, CEO dari Aston & James, LLC mengungkapkan bahwa perusahaan konsultan mungkin tahu industri yang kamu jalani dan siapa pesaingnya, tetapi mereka hanya mengetahui tantangan umumnya saja. Mereka tidak benar-benar memahami secara utuh karena hal itu hanya bisa didapat setelah melakukan analisa. Oleh karena klien percaya, mereka akan terus melakukan konsultasi yang tentunya berbiaya setiap jamnya.

6. Supervisor

Kebohongan Profesional 6

Kebohongan : Itu adalah ide bagus, saya akan sampaikan ke atasan.

Fakta : Ketika kamu menyampaikan ide dan diterima baik oleh supervisor, bukan berarti mereka akan melanjutkan ide tersebut kepada atasan. Mungkin saja satu dari dua ide akan terealisasi, tapi apakah kamu  yang mendapat kredit? Salah satu pendiri Stride Media Group mengatakan bahwa banyak pengambilan keputusan terjadi tanpa melibatkan ‘orang bawah’. 

7. Health Coach

Kebohongan Profesional 7

Kebohongan : Mencapai tubuh ideal akan membuatmu bahagia

Fakta : Banyak mitos yang dipercaya terkait kesehatan, salah satunya tentang tubuh ideal dan kebahagiaan. Faktanya hal ini hanyalah sebuah trik untuk membuat klien terus melakukan konsultasi dan pelatihan kepada health coach. Sekalipun diet gagal, maka orang itu akan  menyalahkan dirinya sendiri karena menganggap dirinya tidak disiplin.

8. Ahli Kesehatan

Kebohongan Profesional 8

Kebohongan : Kamu tidak bisa tidur nyenyak karena stress.

Fakta : Tidur yang tidak berkualitas lebih disebabkan oleh rutinitas malam hari, lingkungan tempat tidur, dan kasur. Seperti yang dikatakan oleh Matthew Ross, co-owner dan COO The Slumber Yard, alat elektronik menjadi sumber terbesar dari rutinitas malam. Cahaya biru yang dipancarkan dari alat elektronik itulah yang bisa menyebabkan gangguan tidur. Selain itu, kamar yang kotor bisa membuat perasaan cemas sehingga mempengaruhi emosi ketika tidur. Kenyamanan kasur dan bantal juga tak kalah pentingnya untuk menjamin kenyenyakan tidur.

Baca Juga: Menakjubkan! Ini Dia 33 Bangunan Aneh dari Berbagai Negara di Dunia
20 Fashion Pria Ini Hits pada Zamannya, Pernah Kamu Coba?

9. Konselor Kredit

Kebohongan Profesional 9

Kebohongan : Memeriksa skor kredit bisa menurunkan nilainya.

Fakta : Jacob Lundusky, analis industri kredit utama Credit Card Insider mengungkapkan bahwa ketika kamu memeriksa skor kredit sendiri, tidak berarti mempengaruhi skor kredir tersebut dan tidak akan terlihat buruk oleh pemberi pinjaman karena semuanya tidak mempengaruhi pertimbangan keputusan kredit.

10. Lawyers

Kebohongan Profesional 10

Kebohongan : Saya tidak bisa membantu jika Anda tidak menerima saran ini.

Fakta : Pernyataan ini sering merupakan kebohongan yang disampaikan lawyers sebagai cara untuk menggertak klien agar menerima saran penyelesaian masalah dari mereka. 

11. Penasihat Keuangan

Kebohongan Profesional 11

Kebohongan : Anda harus menyisihkan program pensiun tertentu.

Fakta : Pendiri Broke Is No Joke, Josh Zepess mengatakan bahwa kamu harus skeptis karena industri keuangan akan membuatmu menggunakan rencana yang mereka atur terkait pensiun.

12. Pelatih Pribadi

Kebohongan Profesional 12

Kebohongan : Saya sudah melatih ribuan klien.

Fakta : ‘Melatih seseorang artinya bekerja dengan orang tersebut dari awal sampai mereka mencapai tujuannya. Hal inilah yang dikatakan Celeb Backe, pelatih pribadi bersertifikat dan pakar kesehatan untuk Maple Holistics. Mengawasi dan melatih seseorang butuh banyak waktu dengan rencana yang dipersonalisasi. Jadi, tidak mungkin satu orang bisa melatih hingga ribuan kali. Ini hanyalah akal-akalan untuk mendapat kepercayaan klien.

13. Semua Orang

Kebohongan Profesional 13

Kebohongan : Menurut Dr, Matthew Kane, CEO Solaris Intelligence, penelitian menunjukkan bahwa dalam interaksi bisnis, rata-rata setiap sepuluh menit kamu akan dibohongi hingga tiga kali. Mulai dari kebohongan kecil sampai besar.

Fakta : Bahwa benar setiap interaksi bisnis kita akan dihadapi dengan banyak kebohongan. Hal-hal seperti ini sudah menjadi kebiasaan bahkan untuk membangun hubungan baik.

Baca Juga: Mau Sukses? Mungkin Kamu Bisa Mencontoh 8 Kebiasaan Orang-Orang Hebat Ini
24 Kreasi Makanan yang Romantis Ini, Bikin Pasangan Kamu Makin Sayang!