in ,

13 Kura-kura Eksotis yang Mungkin Belum Pernah Kamu Tahu

Kura-kura Eksotis, gokilbos.com Kalian pasti tau dengan kura-kura. Hewan dengan cangkang yang dikenal lamban ini bahkan akrab pula dijadikan hewan peliharaan. Tapi apakah kura-kura hanya seperti yang kita kenal selama ini saja?

Ternyata di banyak tempat masih banyak spesies atau jenis kura-kura ekostis yang mungkin belum pernah kamu ketahui sebelumnya. Beberapa diantaranya bahkan sudah tergolong hewan terancam punah. Penasaran seperti apa saja penampakannya?

13 Kura-kura Eksotis

1. Kura-kura Matamata

Kura-kura Eksotis a

Memiliki cangkang bergelombang seperti tumpukan baru dan daun, kura-kura ini terlihat sangat aneh. Hidup di perairan dangkal sungai Amazon Amerika Selatan, penampakan yang layaknya benda di air keruh ini dijadikan kura-kura matamata sebagai kamuflase untuk menyerang makanannya. Kura-kura jenis ini sendiri bisa tumbuh besar hingga berbobot 40 kilogram.

2. Kura-kura Leher Panjang

Kura-kura Eksotis

Kura-kura satu ini memiliki leher yang terbilang panjang layaknya ular. Hal ini menjadikan kepalanya tidak bisa masuk ke dalam cangkangnya. Menariknya, ini adalah jenis kura-kura yang berasal dari Indonesia. Spesies ini sendiri pertama dideskripsikan pada tahun 1994 dan membuatnya dipelihara ilegal sehingga jumlahnya makin sedikit. Ditambah lagi dengan konversi lahan basah menjadikan status kura-kura leher panjang sebagai hewan terancam punah.

3. Kura-Kura Cangkang Lunak

Kura-kura Eksotis b

Cangkang kura-kura umumnya keras karena berfungsi sebagai alat pelindung diri. Tapi bagaimana jika justru cangkangnya lunak (softshell)? Ternyata hal ini ada di dunia nyata dan merupakan salah satu dari varietas kura-kura Yangtze. Terbilang hampir punah, kura-kura ini terus diupayakan untuk dibiakkan.

4. Kura-Kura Darat Afrika

Kura-kura Eksotis c

Secara umum ada kura-kura yang hidup di darat (tortoise) dan ada pula yang bisa hidup di air (turtle). Salah satu jenis kura-kura darat yang terbilang jarang diketahui adalah kura-kura darat afrika. Kura-kura ini memiliki ciri utama dari kakinya yang bergerigi sehingga nampak menyeramkan. Badan dan bobotnya yang besar juga menjadi keunikan dari kura-kura yang di tempat asalnya tergolong hewan langka ini.

Baca Juga: Bosan Selama Social Distancing? Yuk, Bercocok Tanam dengan 12 Sayuran yang Mudah Ditanam di Rumah
25 Karya Seni Merangkai Balon dari Seniman Jepang ini Akan Membuatmu Berdecak Kagum

5. Kura-Kura Cangkang Tertutup dari India

Kura-kura Eksotis d

Umumnya ketika kepala dan kaki kura-kura masuk ke cangkang, bagian tubuh tersebut masih bisa tampak dari luar. Tetapi jenis kura-kura dari India ini terbilang unik karena ketika tubuhnya masuk ke cangkang, maka ada kulit pelindung yang akan keluar melindunginya. Hal ini menjadikan kura-kura seperti tertutup penuh. Meskipun tidak tergolong terancam punah, tetapi kura-kura ini juga terancam lantaran terus diburu untuk dihargai dagingnya sebagai pengobatan tradisional.

6. Kura-Kura Kepala Besar

Kura-kura Eksotis e

Siapa yang tidak heran ketika melihat jenis kura-kura ini. Bahkan mungkin banyak yang akan menganggapnya sebagai kura-kura aneh. Padahal ini adalah jenis kura-kura yang memang jarang ditemui. Kepalanya besar sehingga tidak meungkinkan untuk masuk ke dalam cangkang. Tak hanya kepala, ekor dan kakinya juga tergolong besar untuk cangkang yang lebih kecil.

7. Kura-Kura Loreng Kuning

Kura-kura Eksotis f

Kura-kura satu ini patut dianggap sebagai hewan eksotis. Kulitnya memiliki pola garis-garis kuning sehingga tampak mencolok. Warna kuning juga menjadi corak di bagian cangkangnya. Lebih unik lagi karena punggung cangkangnya juga bertekstur layaknya duri. Kura-kura unik ini berhabitat asli di sekitar Sungai Pascagoula, Mississipi Tenggara.

8. Penyu Hidung Babi

Kura-kura Eksotis g

Seperti namanya, penyu ini memiliki bentuk moncong seperti hidung babi. Penyu dengan status terancam punah ini juga mempunyai sirip di tubuhnya dan berkulit kasar. Ukuran penyu ini terbilang cukup besar dengan panjang bisa mencapai 60 cm dan berat 15 kg. Penyu ini sendiri banyak dijumpai di perairan Papua Nugini dan Australia.

9. Kura-Kura Sungai Mary

Kura-kura Eksotis h

Kura-kura Sungai Mary ini memiliki ciri khas yang unik yaitu bagian atas kepala yang hijau layaknya rambut anak punk. Oleh karena itulah kura-kura ini sering disebut pula kura-kura punk rock. Kura-kura ini sudah sangat jarang dijumpai sehingga tergolong hewan terancam punah. Apalagi habitatnya hanya di Sungai Mary, Queensland, Australia.

10. Kura-Kura Berduri

Kura-kura Eksotis i

Melihat jenis kura-kura ini pasti akan membuat siapa saja kagum. Tampilannya sangat eksostis karena ujung luar cangkangnya berbentuk tajam layaknya duri atau mirip pula mahkota. Bentuk seperti ini tidak hanya sebagai perlindungan diri tetapi juga sebagai kamuflase untuk berbaur dengan daun.

11. Penyu Rawa

Penyu mungkin selama ini diketahui hidup di air laut. Tetapi ternyata ada juga jenis penyu yang hidup di air tawar berupa rawa. Penyu Rawa banyak dijumpai di Amerika Serikat bagian timur dan termasuk sebagai penyu terlangka dan terancam punah. Penyu ini terbilang berukuran kecil namun warna oranye di tubuhnya sangat mempercantik tampilannya.

12. Penyu Belimbing

Tahukah kamu penyu terbesar di bumi saat ini? Ya, itu adalah penyu belimbing. Penyu ini juga dikenal biasa melakukan migrasi terpanjang dari semua reptil yaitu melintasi Samudra Pasifik sampai Atlantik. Keunikan dari penyu ini adalah cangkangnya yang lebih lembut untuk membuatnya lebih fleksibel dalam berenang. Tercatat, penyu belimbing terbesar memiliki bobot 100 kg dan panjang 1,8 meter.

Baca Juga: 10 Karya Sandcastle Memukau Ini Membuat Semua Orang Terperangah hingga Menganga!
25 Hewan ini Dianggap Memiliki Bentukan yang Aneh, Penasaran Kayak Apa?
Lucu! 15 Patung Ini Terinspirasi dari Momen Kesialan Tom and Jerry

13. Kura-Kura Geometris

Siapa menyangka bahwa cangkang kura-kura bisa memiliki motif eksotis rumit tetapi selaras layaknya diukir sendiri oleh manusia. Inilah kura-kura dengan cangkang berwarna hitam bermotif kuning yang geometris. Kura-kura ini berasal dari Afrika Selatan namun sayangnya sudah hampir punah dengan sisa diperkirakan kurang dari 1000 ekor.