in

14 Kata “Ajaib” yang Harus Terus Kamu Pakai dalam Pergaulan

C:\Users\USER\Documents\sribulencer\76. Anita 20 artikel\3.jpg

Kata Ajaib Dalam Pergaulan, heynoona.com — Di dalam pergaulan, kita tentu banyak melontarkan kata-kata. Dari banyak perkataan itu, terdapat beberapa frasa yang sebaiknya dijadikan kebiasaan untuk mengatakannya. Frasa-frasa ini tidak hanya untuk mengisi pembicaraan, tetapi juga untuk menunjukkan empati hingga menunjukkan penghormatan pada lawan bicara. Berikut adalah 14 kata-kata yang baik dan harus sering kamu pakai dalam pergaulan.

14 Kata Ajaib Dalam Pergaulan

1. “Halo”

Kata Ajaib Dalam Pergaulan a

Ketika awal bertemu dengan teman-teman, pasti kita akan mengatakan halo atau kata sejenisnya yang mengisyaratkan sapaan. Perkataan sejenis Halo ini tidak bisa dianggap sepele karena menurut pakar etiket, Jacqueline Whitmore, menyapa seseorang bisa membuatmu terkesan baik dan memberi dampak positif pada percakapan selanjutnya.

2. “Tolong”

Kata Ajaib Dalam Pergaulan b

Kata ‘tolong’ dipercaya sebagai kata ajaib yang harus dipakai setiap hari. Cukup dengan mengatakan “tolong”, kamu bisa mengubah perintah menjadi sebuah permintaan yang dipenuhi rasa hormat kepada orang yang dimintai pertolongan. Inilah kekuatan dari sebuah kata yang tidak bisa dianggap sepele.

3. “Terima Kasih”

Kata Ajaib Dalam Pergaulan c

Selain tolong, kata Terima Kasih juga dianggap sebagai kata ajaib. Kata “terima kasih” ini merupakan ucapan sederhana tetapi bisa berdampak besar terhadap suasana hati seseorang. Ketika kamu mendapat bantuan lalu mengucapkan terima kasih, maka seseorang yang membantu akan merasa dihargai.

4. “Sama-sama”

Kata Ajaib Dalam Pergaulan d

Setelah seseorang mengatakan terima kasih, maka respon yang lumrah dipakai adalah “sama-sama”. Ini adalah frasa yang sangat positif karena menunjukkan timbal balik penghormatan. Kata “sama-sama” dianggap lebih baik dibanding kamu mengatakan “tidak masalah” Mengapa? Dengan mengatakan “tidak masalah” itu seperti ungkapan meremehkan akan sesuatu yang sudah dilakukan.

5. “Permisi”

Kata Ajaib Dalam Pergaulan e

Ketika kamu hendak memasuki ruang pribadi seseorang, maka mengatakan “permisi” adalah hal wajib sebagai bentuk permintaan izin. Kata permisi juga bisa dipakai dalam banyak kesempatan seperti ketika hendak memotong pembicaraan, meiminta izin keluar, atau hendak lewat diantara banyak orang.

6. Menyebut Nama Lawan Bicara

Kata Ajaib Dalam Pergaulan f

Ketika kamu dalam sebuah pembicaraan, seperti dalam sebuah pertemuan bisnis, kamu tentu akan senang ketika lawan bicara menyebut namamu setelah kata sapaan. Hal ini seperti menunjukkan bahwa lawan bicara mengingat namamu sehingga lahir rasa senang dalam diri. Hal inilah yang juga sebaiknya kamu sadari dalam pembicaraan agar orang lain juga merasa dihargai.

7. “Senang bertemu denganmu”

Kata Ajaib Dalam Pergaulan g

Ketika kamu bertemu dengan seseorang, maka jangan segan untuk berkata bahwa kamu senang bertemu dengannya. Perkataan ini bisa membuat lawan bicara merasa gembira dan berdampak positif terhadap suasana percakapan selanjutnya.

Baca Juga: 13 Kebohongan yang Biasa Diutarakan Profesional untuk Menarikmu agar Menggunakan Jasa Mereka
Penting Tak Penting, Inilah 23 Fakta yang Mungkin Belum Kamu Ketahui
20 Kesalahan Pola Pikir yang Menghalangi Kamu untuk Sukses

8. “Kamu baik sekali”

Kata Ajaib Dalam Pergaulan h

“Menerima pujian bisa menjadi tantangan bagi seseorang”, begitulah yang dikatakan Sharon Schweitzer, JD, pakar etiket dan pendiri Access to Culture. Artinya, kamu harus menunjukkan pujian kepada siapa saja sebagai ungkapan terima kasih namun tetap rendah hati. Sekecil apapun pujian akan berdampak besar jika dilakukan dengan tulus.

9. Menunjukkan Rasa Duka

Kata Ajaib Dalam Pergaulan i

Mengucapkan belasungkawa memang baik tetapi seringkali membuat orang tidak nyaman. Namun nyatanya, menunjukkan rasa duka ini penting sebagai bentuk perhatian. Selain dengan mengucapkan langsung “saya sangat berduka atas kejadian ini”, kamu juga bisa melakukan hal lain seperti dengan mengirim kartu ucapan. Hal ini tidak masalah karena juga termasuk bentuk kepedulian.

10. “Saya ingin mendengar pendapatmu tentang…. ”

Kata Ajaib Dalam Pergaulan j

Salah satu kualitas seseorang yang baik bisa dilihat dari kemampuannya mendengar pendapat orang lain. Jika kamu dalam sebuah pembicaraan, jangan terlalu mendominasi dalam pemikiran karena mungkin lawan bicaramu juga punya pendapat berbeda. Buatlah mereka dihargai dengan menanyakan pendapat mereka.

11. “Ada yang bisa saya bantu?”

Kata Ajaib Dalam Pergaulan k

Tidak perlu merasa rendah ketika kamu menawarkan bantuan. Menunjukkan empati kepada kesulitan orang lain adalah bentuk kepribadian yang sangat baik. Hal ini juga dipercaya akan mempengaruhi suasana hati dan pikiranmu sehingga selalu positif. 

12. “Mungkin”

Kata Ajaib Dalam Pergaulan l

Cobalah untuk menggunakan kata “mungkin” untuk menunjukkan ketidaksetujuan. Kata mungkin ini bisa menjadi alternatif agar kamu tidak terkesan menyalahkan. Kata ini juga bisa dipakai untuk menurunkan risiko pertikaian atau konfrontasi. Akan lebih baik lagi jika kamu bisa memilih kata-kata lanjutan setelah “mungkin” yang tidak secara langsung menyalahkan pendapat orang lain.

13. “Saya bisa (atau tidak bisa) hadir di acara mu”

Kata Ajaib Dalam Pergaulan m

Menurut Anna Post dari The Emily Post Institute, penting untuk selalu menanggapi undangan. Hal ini merupakan bentuk etika yang paling benar dalam sebuah pergaulan yang sehat. Jangan pernah mengabaikan undangan dengan tidak memberi kabar sekalipun kamu tidak bisa menghadirinya karena dengan diundang saja artinya kamu sudah dihargai.

14. “Saya perhatikan, kamu sangat bagus dalam hal ….”

Kata Ajaib Dalam Pergaulan n

Orang yang sopan tidak akan memonopoli pembicaraan. Mereka akan selalu memberi kesempatan orang lain untuk turut berbicara dan berpendapat. Salah satu cara yang baik untuk memantik percakapan itu adalah dengan menunjukkan kekuatan lawan bicara. Beri mereka kepercayaan diri melalui hal-hal yang mereka sukai atau kuasai.

Baca Juga: Inilah 10 Alasan Mengapa Kamu Tak Bisa Bersahabat dengan Orang yang Kamu Suka
17 Keterampilan Sosial yang Harus Dimiliki agar Banyak Koneksi
15 Kebiasaan yang Mulai Berubah, Kamu Merasakannya Juga?