in

15 Kebiasaan yang Mulai Berubah, Kamu Merasakannya Juga?

Kebiasaan yang Mulai Berubah — Seiring perubahan zaman, banyak pula kebiasaan yang berubah. Bahkan, beberapa kebiasaan yang dulu dianggap sebagai suatu etika sosial, kini tidak bernilai sama lagi. Bagi orang-orang tua, hal ini sering dianggap pelunturan etika. Namun, kenyataannya tidak selalu demikian. Kebiasaan yang tidak lagi dilakukan bisa hanya karena pandangan yang berbeda antara satu generasi dengan generasi lain. Apa yang dianggap sopan pada dekade lalu, belum tentu diartikan sama pada dekade saat ini.

Apakah kamu penasaran kira-kira kebiasaan sosial apa saja yang mulai jarang dilakukan atau berubah di masa sekarang padahal dahulu dianggap sangat penting? Berikut ini daftar 15 diantaranya. 

Kebiasaan yang Mulai Berubah

1. Menyapa Orang yang Lebih Tua dengan Sapaan dan Nama Lengkap 

 Kebiasaan yang Mulai Berubah  1

Sapaan Tuan, Nona, dan Nyonya pada beberapa dekade lalu merupakan suatu etika yang dilakukan oleh semua orang baik untuk yang lebih tua atau yang setara umurnya. Bahkan saat itu, penyebutan nama biasanya menggunakan nama lengkap atau beserta nama belakangnya. 

Berbeda dengan sekarang, orang-orang yang seumuran tidak lagi menyebut rekannya dengan awalan berupa sapaan tuan atau nyonya. Nama juga disebutkan dengan nama panggilan saja. Namun begitu, di Indonesia untuk menyapa orang yang lebih tua terutama dalam sutuasi resmi maka masih umum menggunakan sapaan tuan dan nyonya. Berbeda dengan negara-negara barat, mereka banyak yang sudah tidak menggunakan sapaan lagi sekalipun kepada yang lebih tua.

2. Mengisi Kembali Rantang  dari Makanan yang Dibagi Orang Lain

 Kebiasaan yang Mulai Berubah 2

Kamu yang lahir sebelum tahun 2000an mungkin masih menemui tradisi saling berbagi makanan antar tetangga atau kerabat. Dulu, wadah makanan yang biasa digunakan adalah rantang susun. Namun dalam tradisinya, orang yang diberi makanan itu akan mengisi kembali rantang yang sudah kosong dengan makanan yang mereka miliki. Sekarang? Rasanya tradisi ini sudah sangat jarang ditemui.

3. Pria yang Mengambil Langkah Pertama

 Kebiasaan yang Mulai Berubah  2

Sebut saja menyatakan cinta atau ‘menembak’, dulu hal ini sangat identik dengan pria. Bahkan jika ada wanita yang melakukannya lebih dahulu, maka dianggap tidak sopan. Namun berbeda dengan sekarang, banyak wanita yang berani untuk menyatakan cintanya terlebih dahulu. Bagi pria hal ini juga sudah dianggap biasa saja. Apalagi dengan adanya aplikasi pencarian jodoh, tak ada lagi halangan untuk mengajak kencan lebih dulu.

4. Pria Bertanggung Jawab Membayar Makanan 

 Kebiasaan yang Mulai Berubah  3

Perlahan namun pasti, etika membayar makanan harus dilakukan pria mulai ditinggalkan. Dulu, ketika ada pasangan yang sedang kencan di suatu restoran, maka tidak perlu diperdebatkan lagi siapa yang akan membayarnya. Berbeda dengan sekarang, saling berbagi tagihan mulai menjadi kebiasaan. Mereka, pasangan yang belum menikah mulai beranggapan bahwa hubungan yang dijalin tidak untuk memberatkan salah satu pihak.

5. Mencium Tangan Wanita Ketika Bertemu

 Kebiasaan yang Mulai Berubah  b

Bagi tradisi barat yang juga banyak dicontoh di dunia timur, mencium tangan wanita ketika bertemu adalah suatu hal yang biasa. Bahkan hal ini menunjukkan penghormatan yang baik. Namun hal itu terjadi sebelum abad ke-21. Sekarang, mencium tangan wanita tidak lagi lumrah apalagi bagi orang yang tidak saling mengenal sebelumnya.

6. Berganti Lawan Bicara Saat Pesta Makan Malam

 Kebiasaan yang Mulai Berubah

Etika berikut ini memang tidak lumrah di Indonesia. Tapi di dunia barat, hal ini sangat penting pada beberapa dekade lalu. Jadi, ketika ada acara makan malam maka seseorang harus bergantian mencari lawan bicara atau tidak mengobrol dengan orang yang sama saja. Hal ini dilakukan agar semua orang bisa mendapatkan pasangan bicara selama makan. Namun sekarang, hal ini tidak lagi dianggap etika. Bahkan orang-orang lebih suka berbincang dengan kelompoknya saja sampai akhir makan malam.

7. Berpakaian Berlebihan di Tempat Kerja agar Dianggap Serius 

 Kebiasaan yang Mulai Berubah  c

Dahulu, keseriusan dalam bekerja dinilai dari cara berpekaiannya. Semakin terlihat rapi, memamaki jas terbaik, dasi, dan lain sebagainya akan membuat seseorang dipandang lebih baik. Meskipun hal ini masih berlaku, tetapi sedikit demi sedikit orang mulai terbuka bahwa penampilan tidak menjadi jaminan prosesionalitas seseorang. Bahkan beberapa perusahaan lebih lentur mengatur cara berpakaian karyawannya dengan membolehkan memakai pakaian kasual. 

8. Wanita Memakai Nama Belakang Suami

 Kebiasaan yang Mulai Berubah  m

Di masa lalu, etika sosial bagi wanita yang sudah menikah adalah mengganti nama belakangnya menjadi nama suami. Bahkan di negara barat, hal ini juga mengharuskan wanita mengganti nama secara hukum.

Baca Juga: Bosan dengan Bunga dan Coklat? Berikut 15 Ide Hadiah Anniversary untuk Pasangan
Bukan Membenci! Inilah 8 Alasan Mengapa Kita Harus Mencintai Musuh

Berbeda dengan sekarang, baik wanita atau pria menganggap bahwa mengganti nama belakang tidak begitu diperlukan. Apalagi wanita sekarang sudah banyak yang sukses membangun reputasi dirinya sehingga tidak perlu lagi membawa embel-embel nama suami.

9. Gaun Pengantin Harus Berwarna Putih

C:\Users\USER\Documents\sribulencer\68.Anita 20 artikel\16.9.jpg

Wedding dress pada masa lalu sangat identik dengan warna putih. Hal ini juga dipengaruhi preseden yang dibuat Ratu Victoria yang mengharuskan penggunaan gaun putih tersebut bagi wanita yang menikah. Tetapi seiring waktu, kebiasaan ini tidak lagi kaku karena setiap wanita boleh memakai warna apa saja yang ia sukai untuk gaun pernikahannya.

10. Semua Biaya Pernikahan Ditanggung Pihak Pria

 Kebiasaan yang Mulai Berubah  x

Dalam tradisi umum masyarakat Indonesia, pria dan keluarganya adalah pihak yang bertanggung jawab untuk mengurus dan melunasi semua biaya pernikahan. Hal ini menjadi etika yang dipertahankan dalam kurun waktu yang cukup lama. Namun seiring waktu, banyak orang yang memahami bahwa urusan biaya pernikahan menjadi tanggung jawab kedua belah pihak. Saling berbagi atau membantu biaya pernikahan menjadi hal yang lumrah saat ini dan tidak lagi dianggap melanggar etika sosial.

11. Ladies First dalam Pelayanan 

 Kebiasaan yang Mulai Berubah  n

Kita pasti tahu dengan istilah Ladies first. Hal ini menunjukkan pelayanan kepada wanita yang harus didahulukan dibanding pria. Biasanya etika seperti ini dipakai dalam pelayanan restoran. Meskipun masih ada beberapa restoran di barat yang memakai etika klasik ini, namun lebih banyak juga yang sudah meninggalkannya. Begitupun dalam urusan lain, istilah Ladies first sudah mulai ditinggalkan.

12. Meletakkan Siku Tangan di Atas Meja Makan

C:\Users\USER\Documents\sribulencer\68.Anita 20 artikel\16.12.jpg

Dalam etika makan zaman dahulu, siku tangan kita tidak boleh diletakkan di atas meja. Apalagi makan dengan menjadikan siku sebagai penopang. Hal tersebut dianggap tidak beretika. Etika seperti ini memang masih dipertahankan untuk acara-acara resmi, namun untuk kondisi biasa maka sudah tidak lagi diperhatikan.  

13. Mulai Makan Jika Semua Orang Sudah Mendapat Makanannya

Masih dalam etika makan, dahulu sangat dianjurkan untuk menunggu semua orang mendapatkan makanannya masing-masing sebelum memulai makan. Hal ini dianggap sebagai bentuk kebersamaan atau toleransi.

Baca Juga:
20 Kota Warna Warni dari Seluruh Dunia, Sudah Lihat?

Socially Awkward : Mengenal Kecanggungan Sosial yang Mungkin Pernah Kamu Alami
Bikin Kantong Kering! Inilah 20 Aplikasi Smartphone dengan Harga Selangit

Namun semakin disadari bahwa makanan yang dihidangkan juga bisa menjadi dingin dan berkurang kenikmatannya jika menunggu terlalu lama. Oleh karena itulah etika ini mulai ditinggalkan. Tuan rumah atau rekan makan biasa mempersilahkan makan duluan untuk yang sudah mendapat makanannya dibandingkan harus menunggu.

14. Wanita Mengulurkan Tangan  Dahulu untuk Berjabat Tangan

Dalam budaya kantor, biasanya pria akan menunggu untuk berjabat tangan dengan wanita sampai dia mengulurkan tangannya terlebih dahulu. Saat itu, pria dianggap tidak sopan jika memulai mengulurkan tangan. Sangat berbeda dengan sekarang, baik wanita atau pria berhak mengulurkan tangan terlebih dahulu untuk berjabat tangan.

15. Menyampaikan Informasi Pribadi

Dahulu, sama sekali tidak diterima jika membagikan informasi pribadi kepada orang lain. Tetapi lihatlah sekarang, media sosial membuat siapa saja berhak membagi informasi pribadinya kepada siapa saja yang diinginkan bahkan kepada orang tak dikenal.