in ,

20 Fakta Seputar Vegetarian yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Fakta Vegetarian a

Fakta Vegetarian , gokilbos.com — Budaya vegetarianisme semakin hari semakin dikenal luas oleh masyarakat. Sebagian memilih menjadi vegetarian murni karena ketidakinginannya memakan hewan, tetapi sebagian lainnya karena alasan diet. Meskipun masih ada yang pro dan kontra, nyatanya menjadi seorang vegetarian memang membutuhkan perjuangan sendiri dan konsistensi.

Terlepas dari apa baik dan buruknya menjadi seorang vegetarian, ada banyak pula fakta menarik seputar vegetarianisme ini. Bahkan ternyata, kebiasaan ini dipercaya sudah diperkenalkan pada era Yunani Kuno. Lantas, apa lagi fakta menarik dari vegetariansime ini yang mungkin belum kamu ketahui?

20 Fakta Seputar Vegetarian

Fakta Vegetarian b

1. Vegetariansime dipercaya sudah diperkenalkan melalui filsafat India dan Yunani Kuno. Di India sendiri, vegetarianisme berasa dari folosofi ahimsa yakni tidak adanya kekerasan terhadap hewan dan makhluk lainnya. Sedangkan bagi orang Yunani, vegetarian memiliki tujuan ritual dan medis.

2. Vegetarian pertama yang dikenal adalah seorang filsuf dan metematikawan Yunani yakni Phytagoras. Ya, penemu teorema pythagoras yang hidup pada abad keenam sebelum masehi ini menerapkan diet makan sayur tanpa daging sehingga dikenal dengan ‘diet phytagoras’. Leonardo da Vinci dipercaya sebagai sosok era Renaissance pertama yang menganjurkan vegetarianimse. Ia sendiri memang dikenal sebagai seorang vegetarian bahkan sempat berdebat dengan otoritas agama setempat dengan arguman bahwa manusia tidak memiliki hak dari Tuhan untuk memakan hewan.

3. Kata Vegan berasal dari kata vegetarian. Istilah ini pertama kali digunakan pada tahun 1944 ketika Elsie Shringley dan Donald Watson memutuskan menjadi vegetarian ketat.

Fakta Vegetarian c

4. Vegetarianisme juga ada tingkatannya. Jenis seorang vegetarian yang paling ketat disebut sebagai vegan. Mereka tidak hanya menghindari daging melainkan juga semua produk yang berasal dari hewan, seperti susu, keju, dan sebagainya.

5. Terdapat pula beberapa subkategori dari vegetarianisme. Ada yang disebut Vegetarian Ovo yaitu mereka yang memakan telur tetapi tidak dengan produk susu dan olahannya. Ada juga Vegetarian Lakto yang memakan produk susu tetapi tidak degan telur. Selain itu, ada pula vegetarian Ovo-Lacto yang tidak memakan telur dan produk susu.

6. Banyak alasan mengapa seseorang memilih menjadi seorang vegetarian. Beberapa diantaranya adalah karena alasan kesehatan, politik, budaya, lingkungan, dan ekonomi. Tetapi, ada juga yang menjadikan ketidaksukaan karena kekejaman terhadap hewan sebagai alasan etisnya memilih menjadi vegetarian.

7. Penelitian ilmiah menunjukkan bahwa diet vegetarian bisa meningkatkan metabolisme tubuh serta membantu tubuh membakar lema dan kalori hingga 16% lebih cepat dari pemakan daging.

Fakta Vegetarian d

8. Berdasarkan penelitian Times pada 2008, diperkirakan ada sekitar 7,3 juta orang dewasa atau 3,2 persen populasi yang menjadi vegetarian di Amerika Serikat. Dari jumlah itu, hanya 0,5 persennya saja yang menjadi vegan. Sedangkan negara dengan jumlah vegetarian terbanyak adalah India.

9. Meskipun tidak ada bukti jelas apakah ia seorang vegetarian, tetapi Filsuf Prancis Voltaire dikenal sebagai tokoh sejarah utama yang mengenalkan vegetarianisme. Dia juga menggunakan keyakinan Hindu untuk menentang dominasi Alkitab di Eropa dengan menganggap bahwa memakan hewan juga merupakan bentuk kekejaman.

Baca Juga: Gak Pake Ribet! Ini 5 Menu Simpel untuk Bekal Makan Siang Kamu
Wow! Ini Dia 10 Buah dengan Harga Fantastis di Dunia
10 Restoran Paling Unik di Dunia! Berani Coba Pengalaman Makan yang Tak Biasa?

10. Dalam sejarah kekritstenan, makan daging atau tidak makan daging sudah menjadi perdebatan. Banyak teolog ang mengklaim bahwa diet vegetarian merupakan konsep yang paling cocok dengan nilai kristen. Yesus sendiri dipercaya sebagai seorang pescatarian, yakni vegetarian yang tidak memakan ikan dan hewan air.

Fakta Vegetarian e

11. Selain vegetarian, ada juga istilah Pescatarian. Istilah ini pertama kali muncul taun 1993 untuk merujuk pada orang yang memakan sayur dan tidak memakan daging ikan.

12. Menjadi vegetarian seringkali rentang dengan penyakit tulang karena kekurangan vitamin B12. Bagaimana tidak, sumber utama vitamin B12 adalah nutrisi hewani.

13. Salah satu vegetarian asal Amerika yang terbilang paling awal dikenal adalah Benjamin Franklin. Ia juga mengenalkan alternatif makanan berupa tahu di Amerika pada tahun 1770. Namun sayangnya, ia diketahui kembali menjadi pemakan daging.

14. Penelitian menunjukkan bahwa vegetarian paling rentan mengalami kekurangan protein dibanding mereka yang makan daging. Hal ini tentu saja lantaran sumber protein terbesar adalah dari daging. Namun vegetarian bisa mengatasinya dengan memakan sumber tanaman yang mengandung protein.

15. Sebuah penelitian di Inggris menunjukkan bahwa seorang pria yang memilih menjadi vegetarian lebih cenderung dianggap sebagai pengecut alias tidak manly. 

Fakta Vegetarian f

16. Ternyata Adolf Hitler, sosok kejam Nazi Jerman dipercaya sebagai salah seorang vegetarian sejati yang pernah ada. Bahkan, Hitler ercaya bahwa vegetarianisme merupakan kunci keberhasilan militer Jerman. Ia mengklaim bahwa prajurit Caesar hidup melalui sayuran dan orang Viking tidak akan bisa berekspedisi jika mengandalkan makanan daging. 

17. Peneliti Inggris menemukan bahwa IQ anak-anak bisa menjadi prediksi apakah ia cenderung menjadi vegetarian ketika dewasa atau tidak. Semakin tinggi IQ, semakin besar pula kemungkinan anak menjadi vegetarian.

18. Selain vegetarian, ada pula istilah fruitarian. Ya, fruitarian adalah mereka yang hanya memakan buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian, tetapi tidak memakan tanaman.

Fakta Vegetarian g

19. Terjadi perdebatan dengan produk madu, apakah bisa dimakan oleh vegetarian atau tidak. American Vegan Society menganggap madu adalah produk hewan sehingga tidak bisa dimakan. Tetapi beebrapa organisasi vegan lain menganggapnya berbeda dan boleh mengonsumsinya.

20. Tidak bisa dipungkiri bahwa vegetarinisme dianggap lebih ramah terhadap lingkungan dibandingkan jenis diet lain. Sebagai contoh perbandingan, dibutuhkan hanya 25 galon air untuk menghasilkan 1 pon gandum, Sedangkan untuk menghasilkan 1 pon daging dibutuhkan lebih dari 2.500 galon air.