in

20 Fashion Pria Ini Hits pada Zamannya, Pernah Kamu Coba?

20 Fashion Pria Hits — Jika pada awalnya manusia memakai pakaian untuk kebutuhan melindungi tubuh baik dari kotoran, cuaca dingin, atau panas, maka sekarang sudah lebih luas. Di era modern, manusia menjadikan pakaian sebagai media ekspresi diri atau untuk bergaya alias fashion. Elemen-elemen fashion itu pun tidak hanya sekedar pakaian, tapi semua yang melekat pada tubuh, termasuk gaya rambut.

Namun, fashion juga berputar. Apa yang keren saat ini belum tentu keren di masa depan. Begitupun apa yang keren di masa lalu, mungkin justru aneh jika dipakai di masa sekarang. Sembari nostalgia, yuk kita lihat 20 fashion pria yang pernah keren pada masanya. Kira-kira, kamu pernah bergaya yang sama, tidak?

20 Fashion Pria Hitz pada Zamannya

1. One-Piece Jean Garment (Baju Kodok)

One-Piece Jean Garment (Baju Kodok)

Siapa yang pernah memakai baju kodok? Ya, baju kodok atau dikenal pula dengan nama one-piece jean garment merupakan tren yang populer di tahun 60 hingga 90-an. Baju ini diciptakan oleh Levi Strauss dan Jacob Davis tahun 1890 untuk dipakai sebagai seragam kerja.

Kemudian populer dipakai oleh petani di Amerika Serikat bagian selatan. Barulah di tahun 1960-an, pakaian ini menjadi tren di kalangan pemuda Amerika.

2. Celana Parasut

Celana Parasut

Celana berbahan parasut ini pernah menjadi tren pada tahun 80-an. Celana ini menjadi populer dipakai oleh para break dancer dari New York. Bahannya yang fleksibel membuatnya nyaman dipakai untuk gerakan break dance. Tak lama, celana parasut pun dipakai oleh banyak orang termasuk identik pula dengan para rapper.

3. Warna Buram Ujung Rambut

Warna Buram Ujung Rambut

Populer tahun 90-an terutama di dunia barat, banyak anak muda pria yang suka mewarnai rambutnya. Tidak seperti biasa, hanya ujung rambutnya saja yang diwarnai dengan warna yang lebih pucat atau buram dari warna asli rambut.  Tren ini sendiri populer disebut ‘frosted tips’ atau ‘guy lights’.

4. Topi Arah Samping dan Belakang

Topi Arah Samping dan Belakang

Ayo, siapa yang pernah memakai topi dengan cap yang diarahkan ke samping atau belakang? Ya, tren memakai topi baseball seperti ini sempat menjangkiti kawula muda era 90 sampai awal 2000-an. Tren ini sendiri mulai dikenal semenjak Film Clueless tahun 1995.

5. Rambut ala Skater

Rambut ala Skater

Pada tahun 1990-an, gadis remaja di Amerika Serikat sangat mengidolakan sosok Ryan Sheckler, seorang skater profesional. Hal itu menjadikan gaya Sheckler menjadi populer termasuk rambutnya. Gaya rambut seperti ini kembali tren setelah Justin Bieber bergaya rambut yang sama di awal kemunculannya.

6. Kalung dari Bahan Kerang

Kalung dari Bahan Kerang

Sekitar tahun 1960-an, penduduk Hawaii membuat perhiasan dari cangkang kerang. Semenjak itu, kalung kerang menjadi komoditas populer hingga tahun 90-an. Banyak anak muda pria saat itu yang memakai kalung ini sebagai bentuk fashion. Tapi kalau sekarang mungkin akan terkesan aneh, ya,

7. Kacamata Bundar

Kacamata Bundar

Sangat tren di sepanjang tahun 1960-an, kacamata dengan frame bundar atau oval banyak dipakai anak-anak muda saat itu. John Lennon, nampaknya menjadi salah satu pencetus populer tren ini.

Baca Juga: 10 Produk Fashion Aneh ini Tersedia Secara Online, Loh! Tertarik?

Cukup lama tren kacamata bundar menguasai pasar hingga akhirnya dianggap kuno. Tapi nampaknya sekarang sudah mulai naik daun lagi, loh kacamata bundar.

8. Ikat Pinggang dengan Kepala Besar

Ikat Pinggang dengan Kepala Besar

Ikat pinggang atau gesper selalu menjadi bagian dari fashion pria. Hanya saja dulu sempat menjadi tren, gesper dengan kepala yang besar. Hal ini seperti menjadi aksesori tubuh yang menunjukkan kepercayaan diri.

9. Tas Pinggang

Tas Pinggang

Meskipun masih bisa dijumpai saat ini, namun pada tahun 80 hingga 90-an, memakai tas pinggang bagi pria adalah sebuah fashion. Tas ukuran kecil ini layaknya kantong ajaib yang selalu dibawa ketika hangout.

10. Rantai Celana

Rantai Celana

Memakai rantai di celana bagian samping sangat populer di Indonesia pada tahun 90-an. Tren ini biasanya identik dengan anak-anak muda yang suka nongkrong dan menonton konser musik.

11. Pakaian Tato

Pakaian Tato

Seorang desainer busana asal Prancis, Christian Audigier membuat tren pakaian, dari mulai baju, celana, hingga sepatu yang dilukis layaknya tato. Selama awal 2000-an, banyak public figure yang memakai tren ini dan tentunya juga dicontoh oleh banyak remaja.

12. Kaos Kerah

Kaos Kerah

Meskipun sekarang masih banyak yang memakainya, namun tren kaos kerah atau biasa dikenal sebagai polo shirt, sangat populer pada pertengahan tahun 1990-an. Kaos kerah sendiri mulai dikenalkan di Amerika Serikat dan menyebar ke Eropa hingga negara lain termasuk Indonesia.

13. Rambut Mohawk

Rambut Mohawk

Rambut Mohawk sangat populer di kalangan anak muda pada tahun 2000-an. Rambut yang dibuat meruncing ke atas ini sendiri merupakan modifikasi dari gaya rambut Faux hawk yang sudah lebih dulu populer, yaitu tahun 1950-an. Saat itu, musisi Jazz banyak yang bergaya rambut seperti ini.

14. Sepatu dengan Ujung Persegi

Sepatu dengan Ujung Persegi

Pada tahun 1940-an, ternyata sempat menjadi tren berupa sepatu yang ujungnya persegi, bukan membulat seperti sekarang. Banyak pria yang memakai sepatu seperti ini meskipun banyak juga yang menganggapnya aneh. Kalau sekarang nampaknya akan benar-benar aneh jika dipakai.

15. Celana Tanggung

Celana Tanggung

Celana tanggung atau tiga perempat menjadi bagian fashion yang tidak bisa dilupakan. Gaya celana seperti ini sangat lekat dengan anak muda yang berpenampilan simple.

16. Tank Top

Tank Top

Berpergian hanya dengan memakai kaos dalam adalah suatu fashion di tahun 70 hingga 80-an. Kaos putih yang sering disebut tank top tersebut dipakai oleh banyak pria yang ingin terlihat trendy dan keren.

17. Jam Kalkulator

Jam Kalkulator

Jika sekarang ada smartwatch, maka jaman dulu kita mengenal jam tangan kalkulator. Jam tangan ini sebenarnya sudah ada sejak 1970-an, namun baru populer tahun 1980-an dan sempat redup sebelum populer lagi awal 2000-an.

Baca Juga: Gokil! 28 Penemuan Unik ini Benar-benar Menggelikan Tapi Juga Jenius!

Selain untuk gaya, jam tangan ini juga dipakai anak sekolah untuk memudahkan mengerjakan matematika.

18. Sandal Crocs

Sandal Crocs

Tahun 2002, Scott Seamans, Lyndon Hanson, dan George Boedecker menciptakan sepatu dengan mode baru yang dikenal dengan sandal Crocs. Jutaan orang memakainya termasuk menjadi tren pula di Indonesia.

19.Celana Kedodoran

Memakai celana kedodoran bagi pria akan terlihat keren pada tahun 90-an. Tren ini dipopulerkan oleh musisi-musisi hip-hop yang akhirnya diikuti oleh banyak orang. Menariknya, tren ini mulai diperkenalkan lagi oleh beberapa artis seperti Justin Bieber, Zac Efron, dan Ross Lynch.

20. Rambut Mullets Style

Rambut Mullets Style

Sebuah band hip-hop Amerika, The Beastie Boys memperkenalkan gaya rambut yang populer disebut Mullets. Pria yang ingin bergaya rambut ini harus memiliki rambut yang cukup panjang, setidaknya sebahu. Gayanya dengan membuat rambut di bagian atas lebih tebal dan sedikit mengembang di bagian bawah. Di Indonesia, gaya rambut ini juga sangat ngetrend pada saat itu.