in

20 Kesalahan Pola Pikir yang Menghalangi Kamu untuk Sukses

Kesalahan Pola Pikir a

Kesalahan Pola Pikir, gokilbos.com — Kesuksesan adalah impian semua orang. Berbagai daya upaya dilakukan seseorang agar kehidupannya bisa sesuai dengan apa yang ia dambakan atau bahkan mengikuti standar sosial di lingkungannya. Banyak pula yang mengatakan bahwa pola pikir merupakan kunci dari kesuksesan tersebut. Jika otak diibaratkan hardware, maka pola pikir merupakan software-nya. Pola pikir itulah yang memberi tahu apa yang harus dilakukan dan apa yang harus diyakini.

Namun sayangnya, seringkali penghambat kesuksesan itu justru hadir dari pola pikir itu sendiri pula. Bahkan, pola pikir ini dikenal luas oleh masyarakat sehingga dianggap sesuatu yang benar. Pola pikir apa yang dimaksud? Berikut 20 pola pikir yang justru bisa menghalangi diri untuk meraih kesuksesan.

20 Kesalahan Pola Pikir yang Menghalangi untuk Sukses

1. “Ketika Saya Sukses, Akan Banyak Orang yang Tidak Suka

Kesalahan Pola Pikir b

Semakin tinggi pohon, semakin kencang pula angin yang menerpa. Ya, pribahasa ini memang benar asalkan sesuai dengan konteksnya. Dalam meraih kesuksesan, jangan sampai kita berpikir bahwa orang lain adalah ancaman. Kita tetap bisa sukses dengan membina hubungan baik dan sehat dengan orang-orang di sekitar kita. Raihlah kesuksesan dengan tetap dihormati dan dihargai.

2. “Banyak Hal Baik dalam Hidup Saya Sebanyak Pula Hal-Hal Buruknya”

Kesalahan Pola Pikir c

Meraih kesuksesan memang berat. Seringkali kita merasa bahwa apa yang baik saat ini selalu diikuti dengan sesuatu yang buruk pula. Akhirnya, kita malah terfokus pada menjauhi yang buruk itu dan lupa mengoptimalkan sesuatu yang baik.

3. “Semua Orang Memperhatikan dan Menilai Saya” 

Kesalahan Pola Pikir d

Ada kalanya kita merasa bahwa hidup hanya berfokus pada diri kita sendiri. Bahkan menganggap bahwa orang lain juga memperhatikan setiap apa yang kita lakukan. Ingatlah bahwa tidak ada yang mengawasimu. Setiap orang sibuk dengan urusannya masing-masing. Jadi, fokus saja dengan urusanmu sendiri untuk meraih sukses.

4.“Saya Tidak Cocok untuk Melakukan Hal Itu”

Kesalahan Pola Pikir e

Pernahkah kamu merasa tidak cocok untuk mengerjakan sesuatu? Tanyakan lagi pada dirimu, apakah itu benar perasaan merasa tidak pantas atau hanya takut orang lain menilai jelek akan apa yang kamu lakukan. Ya, seringkali kita membatasi kemampuan diri hanya karena takut dinilai orang lain.

5. “Saya Harus Bekerja Sepanjang Waktu Agar Stabil Secara Finasinal”

Kesalahan Pola Pikir f

Bekerja keras memang menjadi syarat kesuksesan. Tetapi bedakan pula antara bekerja keras dengan bekerja cerdas. Kamu mungkin bisa bekerja tanpa henti sepanjang tahun, tapi apakah tubuhmu mampu? Bukankah jika sakit maka pengeluaran akan semakin melonjak? Ingat bahwa di dunia ini harus ada keseimbangan sehingga bekerja pun harus diiringi dengan istirahat.

6. “Saya Berjuang untuk Mengumpulkan Uang”

Kesalahan Pola Pikir f

Tidak semua orang memiliki kepandaian dalam mengelola uang. Itulah mengapa kesuksesan tidak berarti mengumpulkan uang sebanyak mungkin. Hal yang penting adalah soal pengelolaan uang tersebut. Berapapun yang kamu hasilkan, jika mampu dikelola maka juga bisa bermanfaat besar.

7. “Saya Akan Ditertawakan Jika Melakukan Hal yang Berbeda”

Kesalahan Pola Pikir g

Melakukan hal-hal diluar kebiasaan masyarakat memang bukan hal mudah. Seringkali kita ditertawakan karena dianggap ngawur. Padahal yang terpenting adalah kepercayaan diri. Buktikan bahwa pilihanmu benar dan tidak memberikan peluang untuk orang lain menghina.

8. “Sangat Memalukan Jika Tidak Ada Kemajuan yang Tampak”

Kesalahan Pola Pikir h

Pola pikir untuk selalu dilihat orang lain memang cukup berbahaya. Kita bahkan menganggap diri sendiri tidak berkembang hanya karena kesuksesan yang lamban atau tidak terlihat oleh orang lain. Ingatlah bahwa jalanmu adaah jalanmu sendiri. Lupakan sejenak orang lain agar jalanmu lebih cepat.

9. “Orang Lain Tahu Apa yang Terbaik Untukku”

Sebenarnya, kamu tahu apa yang terbaik untuk dirimu sendiri. Tetapi pada penerapannya, kamu justru mengandalkan pendapat orang lain ketika kamu mulai ragu dengan kepercayaan diri.

10. “Masalah Besar yang Saya Alami akan Beres dengan Sendirinya”

Kesalahan Pola Pikir i

Masalah kecil memang mungkin akan beres dengan sendirinya seiring dengan waktu. Tetapi hal ini tidak berlaku pada masalah besar. Masalah besar membutuhkan perencanaan dan aksi nyata untuk menyelesaikannay. Jika tidak, masalah bisa merambat atau menjadi bom waktu.

Baca Juga: 10 Alasan Mengapa Wanita Umumnya Memilih Pria yang Berusia Lebih Tua
15 Kebiasaan yang Mulai Berubah, Kamu Merasakannya Juga?
Socially Awkward : Mengenal Kecanggungan Sosial yang Mungkin Pernah Kamu Alami

11. “Ketakutan Diri Adalah Peringatan”

Kesalahan Pola Pikir j

Kita seringkali menganggap ketakutan pada diri merupakan peringatan akan sesuatu. Padahal, ketakutan hanyalah serangkaian ide irasional yang dirumuskan pikiran bawah sadar. Jadi, ketakutan bukan peringatan untuk melindungi diri hingga berhenti untuk bergerak.

12. “Ini adalah Hasil Maksimal yang Bisa Saya Dapat”

Kesalahan Pola Pikir k

Apa saja yang kamu yakini sebagai puncak kesuksesan, maka itulah batasnya. Jika kamu sendiri membatasi apa yang didapat saat ini adalah yang paling maksimal yang bisa kamu dapat, maka bagaimana lagi kamu meraih puncak yang lebih tinggi?

13. “ Hidup ini Sulit”

Kesalahan Pola Pikir l

Ya, kita selalu terdoktrin bahwa menjalani kehidupan adalah suatu kesulitan. Pola pikir ini tentu akan membuat diri membatasi kemampuannya. Hilang sudah keyakinan bahwa kamu bisa jika sudah diawali dengan ‘hal ini sulit’.

14. “Semua Orang Melakukan Lebih Baik dari Saya”

Kesalahan Pola Pikir m

Hidup ini begitu beragam. Memang ada orang yang melakukan sesuatu lebih baik, tetapi ada juga yang melakukan tidak lebih baik. Hal ini adalah kenyataan yang akan selalu terjadi. Jadi, berjuanglah untuk kemjuan diri sendiri tanpa harus peduli dengan cara orang lain.

15. “Saya Harus Menjadi yang Terbaik”

Kesalahan Pola Pikir n

Ketahuilah bahwa kamu tidak harus menjadi yang paling baik untuk bisa meraih kesuksesan. Kehidupan ini sangat luas dibandingkan hanya sekedar menjadi yang terbaik. 

16. “Ini Bukan yang Saya Harapkan”

Kesalahan Pola pikir

Hidup tidak selalu seperti apa yang kita inginkan. Tapi bukan berarti apa yang kita dapatkan saat ini adalah buruk. Alih-alih berpikir bahwa kamu gagal karena tidak sesuai harapan, lebih baik menghargai pencapaian yang sudah didapat. Karena setidaknya kamu bisa mendapat sesuatu dari pada tidak melakukan apapun sama sekali.

17. “Saya Tidak Pernah Bisa Melakukan Ini”

Kesalahan Pola Pikir o

Pola pikir yang mudah menyerah sama sekali tidak bermanfaat dalam meraih kesuksesan. Jika kamu bisa memimpikannya, maka artinya kamu juga bisa meraihnya. Lagi-lagi, jangan batasi diri dengan pesimistis.

18. “ Mereka Selalu Menghalangi Saya untuk Berkembang”

Kesalahan Pola Pikir p

Tidak ada kekuatan yang lebih besar untuk menahan seseorang melakukan sesuatu, selain dirinya sendiri. Jadi, jangan jadikan orang lain sebagai alasan untukmu berhenti meraih kesuksesan. Hidupmu ada ditanganmu sendiri.

19. “ Setiap Saya Mencoba, Pasti Gagal”

Kesalahan Pola Pikir q

Jalan kesuksesan tidak pernah mulus. Jika kamu mengharapkannya, maka bersiaplah dengan berbagai kegagalan. Jadi, bukan karena kamu mencoba maka kamu gagal. Tapi karena kamu gagal itulah, maka percobaanmu semakin dekat dengan kesuksesan.

20. “Wajar Jika Saya Tertinggal”

Kesalahan Pola Pikir r
cr: https://pixabay.com/

Mewajarkan diri akan ketertinggalan adalah kesalahan. Sesulit apapun kondisimu saat ini, percayalah bahwa orang lain juga mengalaminya, bahkan lebih buruk. Jika kamu terus berpikir bahwa hidupmu lebih buruk dari orang lain, maka kamu akan terus merasa tertinggal.