in ,

20 Pertanyaan Ini Perlu Kamu Tanyakan ke Pasangan Sebelum Menikah!

20 Pertanyaan Untuk Pasangan — Menikah adalah suatu keputusan besar dalam hidup. Mereka yang memutuskan untuk menikah pasti berharap pernikahan tersebut langgeng hingga maut yang memisahkan. Bagaimanapun, pernikahan menjadi simbol cinta dan sumpah setia kepada pasangan.

Namun, pernahkah kamu terpikir untuk menanyakan beberapa hal kepada pasangan sebelum benar-benar resmi menikah? Seperti tentang keuangan, rencana masa depan, atau bahkan riwayat kesehatan pasangan? Hal-hal tersebut sebenarnya sangat patut untuk ditanyakan. Mengetahui jawabannya menjadi cara untuk memperjelas langkah dalam mempersiapkan masa depan bersama si dia.

Kira-kira, pertanyaan apa saja yang patut ditanyakan kepada pasangan sebelum menikah?

20 Pertanyaan Wajib Ditanyakan kepada Pasangan Kamu Sebelum Menikah!

1. Tes Kesehatan Penyakit Menular Seksual

20 Pertanyaan untuk Pasangan

Tes Sexually Transmitted Diseases (STD) masih dianggap tabu oleh sebagian orang. Padahal hal ini penting untuk memastikan kesehatan pasangan dan diri kita sendiri. Apalagi masih banyak diantara kita yang memang kurang sadar akan potensi penyakit menular seksual ini sehingga tak pernah memeriksakannya jauh sebelum menikah.

Daripada menyesal setelah menikah, lebih baik mencegah dengan mengetahui kepastiannya agar bisa mencari solusi terbaik berdasarkan medis.

2. Pandangan Pasangan Tentang Perceraian

20 Pertanyaan untuk Pasangan

Membicarakan perceraian sebelum menikah pasti akan terkesan aneh. Padahal tak ada salahnya juga untuk mengetahui bagaimana pandangan pasangan tentang hal tersebut. Mengetahui hal ini bisa menjadi bahan rujukan agar jika terjadi konflik dalam rumah tangga, kamu bisa mengambil langkah yang solutif untuk mencegah perceraian.

3. Liburan

20 Pertanyaan untuk Pasangan

Bukan hal yang salah jika sebelum menikah kamu menanyakan pasangan tentang liburan. Apalagi jika kamu adalah seorang traveler, mengetahui minat pasangan akan liburan tentu penting. Bagaimanapun, kebutuhanmu untuk berlibur harus bisa didiskusikan agar bisa terpenuhi.

4. Kebiasaan Belanja

20 Pertanyaan Pasangan

Tidak semua orang mampu untuk menabung. Beberapa lainnya bahkan terkesan lebih boros. Mengetahui kemampuan atau kebiasaan pasangan dalam mengelola uangnya untuk belanja menjadi penting agar ada tindakan antisipatif.

Baca Juga: Nggak Melulu Mahal! Pasangan Ini Hanya Menghabiskan 6,5 Juta untuk Menikah

Diskusikan kepada pasangan tentang manajemen keuangan pasca menikah agar dikemudian hari tidak ada pertentangan.

5. Kebugaran dan Kesehatan Jasmani

Kebugaran dan Kesehatan Jasmani

Mungkin kamu adalah orang yang sangat peduli dengan kesehatan jasmani. Bagimu kebugaran tubuh harus dijaga dengan cukup ketat. Agar bisa menyelaraskan ide, tak ada salahnya menanyakan persepsi pasangan akan kebugaran dan kesehatan jasmani ini.

6. Kebiasaan Buruk

Kebiasaan Buruk

Setiap orang pasti punya kebiasaan buruk. Menutup mata terhadap kebiasaan buruk pasangan juga menjadi hal mustahil. Kondisi lebih sulit jika kebiasaan buruk tersebut justru adalah hal yang sangat tidak kita sukai. Oleh karena itu, lebih baik menanyakan hal tersebut agar bisa didiskusikan dan mencari jalan tengah.

7. Kematian

Kematian

Belum juga menikah, tapi sudah menanyakan kematian. Tampaknya memang sangat tabu dilakukan Tapi sebenarnya tidak salah juga untuk bertanya tentang kematian ini. Topik kematian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pasanganmu menghadapi kemungkinan terburuk tentang kematian, apakah akan memilih asuransi jiwa atau hal lain.

8. Batasan

Batasan
SONY DSC

Ketika sudah berumah tangga, kita sering menganggap bahwa tidak ada lagi batasan antara suami istri. Namun bagi banyak orang pula, privasi tetap harus dihormati. Lebih baik mengetahui batasan yang diinginkan pasangan dan termasuk dirimu sendiri sehingga tidak perlu diperdebatkan setelah menikah.

9. Tempat Tinggal

Tempat Tinggal

Memastikan dimana kamu dan pasangan akan tinggal setelah menikah mungkin sudah lumrah dilakukan. Hal ini biasanya merupakan kesepakatan bersama, bahkan dalam budaya timur seringkali juga menjadi kesepakatan kedua orang tua. Jadi, sangat penting untuk memastikan dimana kamu akan menjalani kehidupan untuk juga bisa melakukan persiapan dan penganggaran.

10. Biaya Pernikahan

Biaya Pernikahan

Bagi keluarga A, angka sekian puluh juta sudah cukup untuk pernikahan. Namun belum tentu bagi keluarga B. Diskusikan secara bersama untuk biaya pernikahan ini agar tidak terjadi salah paham. Selain itu persiapan ini penting untuk memastikan setelah menikah, kamu dan pasangan tetap memiliki kemampuan finansial yang aman.

11. Keraguan

Keraguan

Rasa gugup, tak percaya, cemas, hingga tiba-tiba ragu adalah suatu hal yang normal ketika seseorang berencana menikah. Jangan disembunyikan karena sebaiknya kamu selalu terbuka dan jujur pada pasangan akan perasaan tersebut.

Baca Juga: Ini 5 Alasan Pentingnya Traveling dengan Pasangan, Jomblo Boleh Baca!

Tanyakan juga pada pasangan, apakah ada keraguan dari dirinya dan karena alasan apa. Diskusikan alasan itu agar keraguan bisa hilang menjadi keyakinan.

12. Sahabat

Sahabat

Setiap orang memiliki sahabat atau lingkar pertemanan. Bahkan sebelum kamu masuk ke kehidupan pasangan, dia sudah lebih dulu memiliki sahabat tersebut. Jadi lebih baik menanyakan soal persahabatan ini sejak awal, seperti tentang batasan persahabatan dengan lawan jenis.

13. Ekspresi Cinta

Ekspresi Cinta

Setiap orang punya ekspresi cinta yang berbeda-beda. Ada yang suka dengan kata-kata, ada juga yang suka dengan kejutan. Rasanya bukan hal yang salah juga untuk menanyakan ekspresi cinta dari pasangan. Setidaknya kamu bisa tahu apa kesukaannya dan apa yang justru tidak ia sukai.

14. Pembagian Tugas

Pembagian Tugas

Mengarungi kehidupan berumah tangga artinya kedua belah pihak harus bisa bekerja sama dalam kehidupan. Tanyakan pada pasanganmu sebelum menikah tentang persepsinya tentang pembagian tugas. Siapa tahu dia punya hal-hal yang tidak bisa dikerjakan sehingga harus dibantu.

15. Manajemen Konflik

Manajemen Konflik

Tidak ada yang ingin berkonflik dalam rumah tangga. Tapi hal itu juga tak bisa dihindari. Ada baiknya jika kamu dan pasangan sudah membahas hal ini tentang bagaimana sebaiknya jika di kemudian hari terjadi permasalahan rumah tangga. Apa yang harus dilakukan dan bagaimana persepsinya dalam menyelesaikan konflik tersebut.

16. Tujuan Hidup Jangka Panjang

Tujuan Hidup Jangka Panjang

Terbilang penting pula untuk menanyakan apa yang menjadi tujuan jangka panjang pasangan, terutama tentang keluarga. Diskusikan dengan pasangan tentang tujuan hidup masing-masing. Sudut pandang yang berbeda mungkin akan ditemui, oleh karena itulah diskusi mencari kesepakatan bersama menjadi penting.

17. Mertua

Mertua
Parents Chatting with Child and Spouse

Menikah artinya juga harus menerima kondisi mertua sebagai orang tua sendiri. Perbedaan budaya atau kebiasaan mungkin akan menjadi kendala tersendiri. Oleh karenanya, patut menanyakan pada pasangan tentang orang tua mereka. Bagaimana kehidupan mereka, apa yang disukai, dan apa yang tidak disukai.

18. Hewan Peliharaan

Hewan Peliharaan

Keberadaan hewan peliharaan di rumah seringkali menjadi perdebatan dalam rumah tangga. Tentu saja hal itu terjadi karena ada perbedaan persepsi, satu suka dan yang lain tidak. Dari pada kamu baru mengetahuinya setelah menikah, lebih baik sudah tahu sebelum menikah agar bisa mencari solusi terbaik.

19. Keuangan

Keuangan

Masalah keuangan tentu menjadi sangat penting dalam rumah tangga. Bahkan menurut Divorce Financial Analysts, penyebab utama perceraian adalah soal keuangan. Sebelum menikah, cobalah terbuka tentang keuangan pribadi termasuk utang. Mengetahui kondisi keuangan masing-masing akan menjadi diskusi menarik untuk mencari penyelesaiannya.

20. Kehidupan Reliji

20 Pertanyaan Pasangan

Bagi banyak orang, agama bukan hanya soal status di KTP. Agama juga bukan hanya sekedar melakukan sembahyang, tetapi bagaimana cara menjalani hidup. Agar memiliki pandangan yang sama tentang kehidupan reliji dalam keluarga, sangat tak masalah untuk membahasnya sebelum menikah.