in ,

20 Fakta Unik yang Mungkin Bisa Mengubah Perspektifmu akan Sesuatu

Fakta Unik yang Bisa Mengubah Perspektif – Dunia yang kita tinggali ini menyimpan banyak hal. Semakin digali, semakin dalam fakta yang bisa kita dapatkan. Beberapa hal dianggap sebagai fakta penting karena mempengaruhi pengetahuan, kesehatan, sosial, dan sebagainya. Tetapi masih banyak pula fakta-fakta sepele yang nyatanya bisa sangat menarik karena tidak pernah disangka sebelumnya.

Sebuah agen infografis yang bermarkas di Kopenhagen, Denmark, Ferdio melakukan riset akan banyak hal yang ada di dunia ini. Merekapun menemukan banyak fakta sepele yang tidak hanya benar tetapi juga unik yang mungkin bisa mengubah perspektif. Agar lebih menarik, mereka juga mengilustrasikan fakta tersebut ke dalam gambar. Berikut adalah fakta-fakta yang dimaksud yang diambil dari laman instagram @factourism.

20 Fakta Sepele yang Mungkin Bisa Mengubah Perspektif

1. Butuh Waktu Lebih dari 20 Tahun untuk Mencoba Semua Jenis Apel

Fakta Sepele yang Bisa Mengubah Perspektif

Tercatat, ada lebih dari 7.500 jenis apel yang ada di seluruh dunia. Hal ini artinya, jika dalam satu hari seseorang bisa memakan satu apel, maka butuh 20 tahun lebih 200 hari untuknya bisa mencicipi semua jenis apel. 

2. Di  Sebuah Wilayah China, Angsa Menggantikan Peran Anjing Penjaga 

Fakta Sepele yang Bisa Mengubah Perspektif

Percaya atau tidak, beberapa kantor polisi di bagian pedesaan Provinsi Xinjiang menjadikan angsa sebagai penjaga malam menggantikan peran anjing. Hal ini lantaran angsa diketahui memiliki pendengaran  dan penglihatan yang sangat baik. Mereka juga berkarakter sangat teritorial, agresif, dan galak.

3. Anak-Anak yang Memekai Kostum Batman, Akan Lebih Tekun Ketika Melakukan Suatu Pekerjaan

C:\Users\USER\Documents\sribulencer\72. Anita 15 artikel\9.3.jpg

Anak-anak berusia empat hingga enam tahun umumnya sangat mudah bosan. Tetapi setelah dilakukan penelitian, mereka yang ditigaskan melakukan suatu pekerjaan secara berulang, justru akan lebih tekun ketika dipakaikan kostum batman. Hal ini lantaran mereka menganggapnya sebagai suatu kegiatan meniru tokoh batman.

4. Selfie Lebih Mematikan Dibanding Hiu

C:\Users\USER\Documents\sribulencer\72. Anita 15 artikel\9.4.jpg

Ternyata, kebiasaan selfie jauh lebih berbahaya dari ancaman hiu. Hingga september 2015 lalu, seorang turis berusia 66 tahun jatuh dan meninggal ketika hendak selfie di Taj Mahal. Ini merupakan insiden mematikan ke-12 akibat selfie dan menjadikannya lebih besar dibanding serangan hiu yang hanya 8 kasus.

5. Pesawat Saat ini Terbang Lebih Lamban Dibanding Zaman Dulu

C:\Users\USER\Documents\sribulencer\72. Anita 15 artikel\9.5.jpg

Kita pasti berpikir bahwa seiring kemajuan teknologi menjadikan pesawat bisa melaju lebih cepat dibanding beberapa dekade lalu. Namun nyatanya, hal itu malah berkebalikan. Tercatat penerbangan New York ke Houson saat ini memakan waktu empat jam. Sedangkan pada 1973, waktu tempuhnya hanya 3 jam. Hal ini bisa terjadi lantaran upaya menghemat bahan bakar yang harganya saat ini jauh meningkat.

Baca juga: 20 Fakta Seputar Vegetarian yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

6. Mencuci Sama Bahayanya dengan Merokok Satu Bungkus

Fakta Sepele yang Bisa Mengubah Perspektif

Kegiatan mencuci atau  sejenisnya yang menggunakan sabun cuci dan deterjen, ternyata bisa berbahaya. Menurut penelitian, menghirup kandungan kimia deterjen akan meningkatkan penyakit asam hingga 43%. Kandungan kimia yang terhirup ini juga bisa menyebabkan kerusakan organ dalam yang efeknya sama dengan merokok. 

7. Sapi yang Diperah Sambil Memanggil Namanya, Menghasilkan Susu Lebih Banyak

Fakta Sepele yang Bisa Mengubah Perspektif

Penelitian menunjukkan bahwa produksi susu pada sapi bisa dipengaruhi apa yang didengar si sapi itu. Salah satunya adalah dengan memberi sapi nama dan memanggilnya ketika diperah. Hal ini membuat sapi merasa nyaman dan merasa disayang. Oleh karena itulah, ia bisa menghasilkan susu lebih banyak.

8. Banyaknya Selai Nutella yang Terjual Satu Tahun, Bisa Menutupi 1.000 Lapangan Bola

C:\Users\USER\Documents\sribulencer\72. Anita 15 artikel\9.8.jpg

Siapa yang tidak suka nutella. Selai coklat ini merupakan salah satu yang paling populer di seluruh dunia. Diproduksi pertama kali tahun 1940, produksi nutella makin menigkat tiap tahunnya. Bahkan jika diibaratkan untuk mengolesi lapangan, maka penjualan satu tahun Nutella bisa untuk 1.000 lapangan bola.

9. Satu Pensil Baru Akan Habis Setelah Membuat Garis Sepanjang 56 km

C:\Users\USER\Documents\sribulencer\72. Anita 15 artikel\9.9.png

Pernahkah kamu memikirkan berapa banyak garis yang bisa dibuat untuk satu batang pensil? Ternyata, menurut penelitian satu pensil standar bisa membuat garis hingga 56 km. Hal ini setara dengan sekitar 45.000 kata.

10. Kalender Tahun 1992 Bisa Dipakai Lagi untuk Kalender Tahun 2020

C:\Users\USER\Documents\sribulencer\72. Anita 15 artikel\9.10.jpg

Akan ada masa dimana kalender tahun tertentu sama persis dengan kalender tahun lainnya. Hal ini bisa dihitung menggunakan konfigurasi dengan pertimbangan tahun kabisat. Nyatanya, kalender 2020 sekarang sama persis dengan kalender 1992.

Baca juga: 50 Fakta Menarik tentang Dunia yang Harus Kamu Ketahui (Bagian 1)

11. Beberapa Spesies Semut Sudah Mengenal Bercocok Tanam Jauh Lebih Dulu dari Manusia

Fakta Sepele yang Bisa Mengubah Perspektif

Beberapa spesies semut, sudah melakukan kegiatan pertanian 55 hingga 60 juta tahun sebelum manusia melakukannya. Mereka melakukan hal itu pada makanan favorit mereka yaitu jamur. Hal yang dilakukan juga persis seperti cara bercocok tanam manusia, yaitu seperti memotong rumput, mengawasi, dan memanen.

12. Leonardo da Vinci Bisa Menulis dengan Satu Tangan dan Menggambar dengan Tangan Lain Secara Bersamaan

Fakta Sepele yang Bisa Mengubah Perspektif

Tahukah kamu ternyata Leonardo da Vinci punya keahlian luar biasa? Ia bisa menggunakan kedua tangannya secara bersamaan di kertas kerja. Satu tangan bisa menggambar dan tangan lain untuk menulis.

13. Pencetus Iklan Pop-up di Internet, Secara Resmi Sudah Meminta Maaf Kepada Publik

Fakta Sepele yang Bisa Mengubah Perspektif

Jika kita menggunakan internet, pasti sering menemui iklan pop-up yang muncul. Hal ini pasti sangat menjengkelkan karena menghalangi konten yang ingin dilihat dan seringkali tidak penting bagi kita. Menariknya, sang pencetus lahirnya iklan pop-up ini yaitu Ethan Zuckerman, secara resmi sudah menyampaikan permintaan maafnya kepada publik. Ia mengakui bahwa iklan sangat menjengkelkan dan ibarat dosa untuk sebuah website.

14. Ilmuwan Menggunakan Ayam untuk Mengetahui Cara Dinosaurus Berjalan

Fakta Sepele yang Bisa Mengubah Perspektif

Dinosaurus ada jauh sebelum manusia ada. Lantas bagaimana ilmuwan memprediksi cara mereka berjalan? Ternyata, para ilmuwan menggunakan ayam sebagai objeknya. Peneliti dari Universitas Santiago, memasangkan ekor buatan berbentuk kerucut layaknya dinoasurus untuk bisa memprediksi bagaimana dinosaurus berjalan.

15. Anggur Akan Terbakar Jika Dipanaskan di Microwave

Fakta Sepele yang Bisa Mengubah Perspektif

Pernahkah kamu mencoba memasukkan anggur asli ke dalam oven atau microwave? Ternyata hal itu jangan dilakukan karena bisa menyebabkan kebakaran, apalagi jika anggur dipotong dua dahulu. Hal ini lantaran anggur mengandung natrium dan kalium yang bisa mengionisasi dan membuatnya menyala dan terbakar.

Baca juga: 50 Fakta Menarik tentang Dunia yang Harus Kamu Ketahui (Bagian 2)

16. Kelinci Bisa Mengetahui Ancaman Predator Hanya dari Kotoran Predator Tersebut

Fakta Sepele yang Bisa Mengubah Perspektif

Kelinci ternyata bisa mengetahui apakah suatu hewan adalah predatornya atau bukan hanya dari mencium aroma kotoran hewan tersebut. Hal ini lantaran ia bisa mencium aroma kotoran dari hewan yang pernah memaka.n kelinci lain. Jadi, mereka umumnya akan menghindari tempat yang ada kotoran predator tersebut.

17. Sapi Bisa Saling Curhat

Fakta Sepele yang Bisa Mengubah Perspektif

Percayakah kamu ternyata sapi juga saling curhat? Penelitian ini diungkap dari University of Sydney yang mempelajari perilaku kawanan sapi selama lima bulan. Didapat ternyata setiap sapi akan mengekspresikan dirinya baik dalam keadaan gembira atau susah kepada sapi lain. Hal itu tampak dari suara yang mereka hasilkan.

18. 400 Juta Tahun Lalu, Bumi Pernah Ditempati Jamur Setinggi 8 Meter

Fakta Sepele yang Bisa Mengubah Perspektif

Jamur ternyata bisa memiliki tinggi luar biasa. Hal ini berdasarkan penelitian yang menunjukkan bahwa jauh sebelum keberadaan manusia, bumi ditempati oleh jamur-jamur yang tingginya bisa mencapai 8 meter. Ini artinya bisa lebih tinggi dari pohon-pohon besar yang ada di perkotaan.

19. Manusia Rata-Rata Menyentuh Wajahnya 250 Kali Dalam Sehari

Fakta Sepele yang Bisa Mengubah Perspektif

Sebuah penelitian kecil pada 2008 di California terhadap 10 orang menunjukkan bahwa mereka yang melakukan tugas di kantor setiap harinya, bisa menyentuh 15,7 kali wajah dalam satu jam. Hal ini artinya, dengan mempertimbangkan 8 jam sebagai waktu tidur, setidaknya 250 kali tangan mereka menyentuh wajah setiap harinya.

20. Steve Jobs Memilih Nama Apple Hanya Karena Posisi di Buku Telepon di Atas Nama Atari

Fakta Sepele yang Bisa Mengubah Perspektif

Ternyata alasan Steve Jobs menamai perusahaannya dengan Apple sangatlah diluar dugaan. Ia mengaku nama Apple bermula dari nama yang ia buat di buku telepon secara mendesak. Ternyata, nama Apple berada tepat di atas nama Atari, perusahaan tempatnya bekerja saat itu. Di sisi lain, ia juga mengaku memang menyukai buah apel.

Dari 20 fakta unik yang mungkin bisa mengubah perspektif, fakta mana yang mengubah perspektif kamu akan suatu hal?