in

23 Fakta Berikut Mungkin Baru Kamu Ketahui Sekarang (Part 2)

Fakta yang Baru Kamu Ketahui – Apakah kamu tahu bahwa bayangan di bulan akan terlihat lebih gelap? Atau strawberry yang sebenarnya bukanlah jenis berry? Ya, di dunia ini ada banyak fakta menarik yang mungkin belum kamu ketahui sebelumnya. Mengetahuinya mungkin akan membuatmu berdecak kagum atau setidaknya menjadi informasi baru yang menyenangkan. 

23 Fakta yang Baru Kamu Ketahui

1. Ratu Elizabeth II memiliki stuntwoman untuk memastikan matahari tidak masuk ke matanya 

Fakta yang Baru Kamu Ketahui

Ratu Elizabeth II ternyata memiliki orang yang secara khusus bertugas layaknya stuntman. Sosok itu adalah Ella Slack yang memiliki bentuk dan tinggi badan mirip dengan ratu. Jadi sebelum acara besar, Ella Slack akan melakukan latihan untuk memastikan bahwa ratu baik-baik saja terutama agar mata Yang Mulia tidak terkena sinar matahari.. Meskipun sudah melakukan tugas ini selama tiga dekade, ternyata ada satu hal yang tidak bisa dilakukan Ella Slack untuk memenuhi tugasnya yaitu duduk di atas kursi ratu. 

2. Di Bulan, bayangan akan terlihat lebih gelap 

C:\Users\USER\Documents\sribulencer\72. Anita 15 artikel\18.2.jpg

Jika di bumi, atmosfer menyebarkan lebih banyak sinar matahari sehingga bayangan kita tidak terlalu gelap. Namun ketika di Bulan, bayang-bayang akan begitu gelap. Hal ini juga disampaikan Neil Armstrong dimana dia kesulitan melihat ke mana dia pergi. 

3. Beberapa Teripang bertarung dengan diri mereka sendiri

Fakta yang Baru Kamu Ketahui

Ketika terancam, Teripang akan menembakkan racun ke organ dalam dirinya sendiri. Mereka bahkan terkadang menyingkirkan semua sistem pencernaan hingga akhirnya organ itu tumbuh kembali.

4. Penemu Internet menyesalkan pengaturan URL 

C:\Users\USER\Documents\sribulencer\72. Anita 15 artikel\18.4.jpg

Tim Berners-Lee, yang menciptakan perangkat lunak utama World Wide Web, mengakui bahwa ia menyesali satu hal yaitu Menambahkan “//” setelah “https:” di alamat web. Hal itu merupakan standar untuk pemrograman tetapi nyatanya tidak memiliki fungsi penting.

5. Patung Liberty awalnya merupakan mercusuar 

Fakta yang Baru Kamu Ketahui

Sekitar sebulan setelah peresmian patung tahun 1886, Liberty dimanfaatkan sebagai sebuah mercusuar. Hal ini terjadi selama 16 tahun. Obor yang dibawa bahkan bisa menyala dan terlihat sejauh 24 mil.

6. Stroberi bukanlah jenis berry

Fakta yang Baru Kamu Ketahui

Ketika berbicara tentang raspberry dan blackberry, kita langsung menganggap keduanya adalah jenis berry. Begitupun dengan stroberu yang dianggap masih dalam keluarga berry. Tapi faktanya, menurut ahli botani, berry sejati berasal dari satu bunga ovarium tunggal dan memiliki dua biji atau lebih. Sedangkan stroberi tidak sesuai dengan ciri itu. Jadi jelas bahwa stroberi bukanlah berry.

7. Departemen keuangan AS pernah mencetak uang kertas $ 100.000 

Fakta yang Baru Kamu Ketahui

Antara tanggal 18 Desember 1934 dan 9 Januari 1935, uang kertas dengan wajah Woodrow Wilson dicetak untuk Federal Reserve Bank namun tidak untuk masyarakat umum. Pecahan uang yang dicetak ini ternyata sebesar $100.000. 

8. Adanya sekawanan gagak adalah pertanda buruk

Fakta yang Baru Kamu Ketahui

Percaya atau tidak, sekawanan gagak menjadi pertanda kurang baik. Bahkan mereka dikenal sebagai bagian ‘konspirasi’.

9. NASA memakai hitungan mundur untuk peluncuran roket karena terinspirasi sebuah film ilmiah

Fakta yang Baru Kamu Ketahui

Perhitungan mundur digunakan Fritz Lang untuk menciptakan ketegangan dalam sebuah adegan film Frau im Mond tahun 1929. Ternyata film ini mengilhami NASA untuk menggunakan perhitungan mundur yang sama untuk peluncuran roket.

10. Ternyata ada spesies semut di New York dengan nama ManhattAnts 

Fakta yang Baru Kamu Ketahui

Di New York ternyata ada spesies semut unik. Spesies ini ditemukan ahli biologi di jalur 14-block strip. Spesies ini pun dinamakan ManhattAns sebagai pelesetan dari kawasan terkenal Manhattan.

11. Bersepeda dengan gaya lepas tangan adalah ilegal di Illionois

Fakta yang Baru Kamu Ketahui

Bersepeda di Illionis ternyata tidak bisa sembarangan. Pengendaranya dilarang bergaya lepas tangan atau kaki dari pedal jika tidak ingin mendapat sanksi.

Baca juga: Menarik! Inilah 15 Restoran McDonald’s dengan Desain Terunik di Seluruh Dunia

12. Tawon terkecil di dunia berukuran lebih kecil dari amuba

C:\Users\USER\Documents\sribulencer\72. Anita 15 artikel\18.12.jpg

Tawon Megaphragma mymaripenne memiliki bagian tubuh yang sama dengan serangga lain  seperti otak, sayap, mata, dan lainnya. Namun ternyata, panjangnya hanya seperlima milimeter dan membuatnya lebih kecil dari kebanyakan amuba, yang terbuat dari hanya satu sel.

13. Ada beberapa organisme bersel tunggal yang lebih besar dari seekor tawon

C:\Users\USER\Documents\sribulencer\72. Anita 15 artikel\18.13.jpg

Alga caulerpa adalah contoh dari organisme bersel satu tetapi bisa tumbuh hingga 12 inci atau setara dengan seekor tawon.

14. ‘OK’ awalnya merupakan singkatan 

C:\Users\USER\Documents\sribulencer\72. Anita 15 artikel\18.14.jpg

Pada tahun 1830-an, orang sering keliru mengeja sebuah singkatan. Hal ini juga berlaku pada kata OK yang awalnya merupakan singkatan ‘orl korrekt’ yang berarti ‘semua benar’.

15. Menara Eiffel awalnya direncanakan dibangun di Barcelona

C:\Users\USER\Documents\sribulencer\72. Anita 15 artikel\18.15.jpg

Pada awal perancangannya, Eiffel direncanakan akan dibangun di Barcelona, Spanyol. Tapi pihak kota menganggap desain menara itu jelek sehingga Gustave Eiffel, sang desainer menawarkannya ke Paris. Meskipun begitu, beberapa kritikus Perancis juga banyak yang tidak menyukainya.

16. Ratu Elizabeth II memiliki sapi yang tidur di kasur air

C:\Users\USER\Documents\sribulencer\72. Anita 15 artikel\18.16.jpg

Sapi milik Ratu Elizabet II ternyata tidur di kasur air. Mereka diperlakukan spesial nampaknya untuk membuat para sapi senang. 

17. ‘Albert Einstein’ merupakan salah satu dari 10 anagram 

C:\Users\USER\Documents\sribulencer\72. Anita 15 artikel\18.17.jpg

Nama Albert Einstein ternyata dipakai untuk anagram atau permainan menyusun kata dimana dari satu kata atau kalimat, kita bisa menyusun kata atau kalimat baru.

18. Tank militer Inggris dilengkapi tempat membuat teh 

C:\Users\USER\Documents\sribulencer\72. Anita 15 artikel\18.18.jpg

Kita pasti membayangkan sebuah tank hanya diisi senjata atau ruang duduk tentara. Tapi ternyata tank militer Inggris juga menyediakan tempat membuat teh dan kopi untuk para kru dan tentara.

19. Pernah ada penelitian yang mengubah kucing hidup menjadi telepon

C:\Users\USER\Documents\sribulencer\72. Anita 15 artikel\18.19.jpg

Dua orang peneliti, Princeton Ernest Wever dan Charles Bray melakukan percobaan dengan mengelurakan tengkorak kuci dan sebagian besar otaknya. Kemudian mereka menghubungkannya dengan listrik. Ternyata, ketika mereka berbicara di telinga kucing, suara itu terdengan melalui gagang telepon di ruangan lain. Ini merupakan percobaan penting bagi perkembangan implan koklea.

20. Permen PEZ dibuat khusus untuk membantu perokok

C:\Users\USER\Documents\sribulencer\72. Anita 15 artikel\18.20.jpg

Permen memang sering diandalkan untuk membantu perokok menghentikan kebiasaannya. Hal itu juga yang dilakukan pencipta permen PEZ Austria.

Baca juga: 50 Fakta Menarik tentang Dunia yang Harus Kamu Ketahui (Bagian 1)

21. Hanya tersisi satu SPBU dengan bentuk Cangkang

C:\Users\USER\Documents\sribulencer\72. Anita 15 artikel\18.21.jpg

Pada tahun 1930-an, dibangun delapan SPBU yang memiliki bentuk seperti cangkang. Tapi yang tersisa hingga saat ini hanyalah satu yaitu yang ada di North Carolina.

22. William McKinley ditembak tepat setelah memberikan jimat keberuntungannya

C:\Users\USER\Documents\sribulencer\72. Anita 15 artikel\18.22.jpg

Presiden McKinley selalu mengenakan anyelir merah sebagai jimat keberuntungannya. Namun pada tahun 1901, dia menyerahkan jimat itu kepada seorang gadis 12 tahun, Myrtle. Tidak terduga, beberapa menit kemudian, dia secara fatal ditembak oleh seorang pria di kerumunan.

23. Kamu bisa melihat empat negara bagian sekaligus dari puncak Menara Wills Chicago

C:\Users\USER\Documents\sribulencer\72. Anita 15 artikel\18.23.jpg

Jika cuaca cerah, kamu bisa melihat empat negara bagian sekaligus dari bekas Menara Sears, yaitu Illinois, Indiana, Michigan, dan Wisconsin. Pandangan luas ini memiliki radius hingga 40 sampai 50 mil.

Itu dia 23 Fakta yang mungkin baru kamu ketahui.