in

Biar Makin Peka, Inilah 5 Bahasa Cinta yang Harus Kamu Pahami

5 Bahasa Cinta,

5 Bahasa Cinta, gokilbos.com — Setiap orang mempunyai caranya sendiri untuk menunjukkan cintanya. Begitupun setiap orang punya persepsinya sendiri tentang apa yang membuatnya merasa dicintai. Tetapi, ada beberapa hal yang terbilang umum dimaknai sebagai bahasa cinta.

Dilansir dari buku The 5 Love Languages : The Secret to Love That Lasts karya Gary Chapman, terdapat konsep 5 bahasa cinta. Cara setiap orang yang berbeda dalam memberi dan menerima cinta, harusnya bisa pula menemukan bahasa yang dipahami bersama. Hal ini penting karena kamu bisa saling menyakiti perasaan satu sama lain jika tanpa sengaja tidak memahami bahasa cinta masing-masing. Agar tidak lagi dianggap tak peka, inilah 5 bahasa cinta yang harus kamu pahami tersebut.

5 Bahasa Cinta

1. Bahasa Pertama: Kata-Kata Pujian

5 Bahasa Cinta,

Mengatakan “aku mencintaimu” memang penting dalam komunikasi sebuah hubungan. Tetapi makna cinta ini tidak hanya dengan kata-kata itu. Ada banyak kata-kata lain yang juga bisa dimaknai sebagai sebuah ungkapan cinta.

Ya, kata-kata pujian adalah contoh dari bahasa cinta yang sangat perlu dibudayakan. Pujian verbal bisa dilakukan dalam banyak hal seperti “terima kasih sudah membantu membuang sampah” atau “saya suka gaya rambutmu sekarang”. Jika kata-kata ini sering diucapkan pasanganmu, maka pahamilah bahwa itu juga bentuk ungkapan cintanya.

2. Bahasa Kedua: Melayani

Bahasa yang kita bahas kali ini tidak melulu soal ungkapan verbal. Bahasa juga bisa ditunjukkan melalui perbuatan. Hal-hal sederhana seperti membukakan pintu, mencuci piring, memasak, atau mengambilkan minum adalah contoh dari bentuk pelayanan yang menunjukkan sebuah rasa cinta. Perbuatan positif yang konsisten seperti ini harus kamu pahami dengan juga membuatnya bahagia. Jika kamu bingung mau membalasnya dengan cara apa, tak ada salahnya menanyakan padanya akan hal apa yang bisa kamu bantu untuk meringankan bebannya.

3. Bahasa Ketiga: Pemberian Hadiah

5 Bahasa Cinta,

Hadiah adalah pemberian yang menunjukkan makna positif. Dalam sebuah hubungan, pemberian hadiah bisa meningkatkan keharmonisan. Hadiah juga bukan selalu tentang memberi benda yang mahal. Banyak hadiah sederhana yang juga menunjukkan cinta seperti membeli es kesukaannya, membelikan barang yang ia bicarakan semalam, dan lain sebagainya. Jika pasanganmu terbilang sering memberi hadiah-hadiah kecil seperti ini, jangan abaikan dan tunjukkan rasa terima kasih dan kekagumanmu.

Baca juga: Relationship Anxiety: Alasan Mengapa Hubungan Terasa Tidak Menyenangkan

Jomblo Bukan Masalah!! 13 Quotes ini Bisa Menjadi Penyemangatmu yang Masih Single

4. Bahasa Keempat: Waktu yang Berkualitas

Pribahasa mengatakan bahwa waktu adalah uang. Artinya waktu sebagai harta berharga karena tidak bisa terulang. Memberikan atau meluangkan waktu berkualitas dengan seseorang jelas menunjukkan posisi seseorang tersebut sebagai bagian penting.

Jika pasanganmu mengajak bercerita, fokuslah pada percakapan tersebut. Apalagi di zaman teknologi seperti sekarang, seringkali waktu berkualitas menjadi sangat berkurang. Ketika quality time itu dimanfaatkan oleh si dia untuk bersamamu, maka jangan pernah untuk mengabaikannya.

5. Bahasa kelima: Sentuhan Fisik

Bahasa cinta juga harus bisa dipahami dalam bentuk sentuhan fisik. Banyak contoh dari sentuhan fisik yang harus dibudayakan dalam sebuah hubungan seperti berpegangan tangan, berpelukan, merangkul, dan banyak lainnya. Bahkan banyak orang yang justru lebih mampu menunjukkan perasaan cintanya melalui sentuhan fisik dibanding dengan kata-kata romantis. Efek dari sentuhan fisik juga sangat signifikan karena bisa membuat tenang, memberi keyakinan, hingga melegakan perasaan.

Baca Juga:
Jomblo Bukan Masalah!! 13 Quotes ini Bisa Menjadi Penyemangatmu yang Masih Single
13 Kebohongan yang Biasa Diutarakan Profesional untuk Menarikmu agar Menggunakan Jasa Mereka
Penting Tak Penting, Inilah 23 Fakta yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Itulah lima bahasa cinta yang harus kamu pahami. Kamu harus peka menerima bahasa cinta itu dari pasanganmu. Untuk itu, mengetahui karakter pasangan dalam mengekspresikan cinta menjadi kunci agar hubungan semakin harmonis.