in

Bosan Selama Social Distancing? Yuk, Bercocok Tanam dengan 12 Sayuran yang Mudah Ditanam di Rumah

Bercocok Tanam di Rumah — Di masa pandemi seperti sekarang, kita dianjurkan untuk social distancing atau jaga jarak dengan menghindari keramaian. Hal ini menjadikan kita lebih banyak beraktivitas di dalam rumah. Tapi, kondisi ini sering kali membosankan. Oleh karena itu, perlu aktivitas yang bisa membuat pengalaman diam di rumah menjadi lebih bermanfaat sekaligus menyenangkan. Salah satu aktivitas yang bisa dilakukan adalah bercocok tanam.

Bercocok tanam di rumah bukan berarti harus menyediakan lahan berkebun. Banyak tananam sayur dan rempah yang bisa dibudidayakan hanya dengan memanfaatkan pot tanam saja. Sebagai referensi, berikut adalah 12 tanaman sayur yang mudah ditanam di rumah.

Bercocok Tanam di Rumah

1. Kacang Panjang

Bercocok Tanam di Rumah kacang panjang

Tak banyak orang yang menyadari bahwa kacang panjang sangat mudah tumbuh tanpa harus menyediakan lahan kebun. Kacang panjang bisa ditanam di pot atau di lahan yang tidak perlu luas seperti di pinggir pagar halaman rumah. Jika ingin cepat subur, kompos bisa dimanfaatkan. Sedangkan pupuk lain terbilang tidak perlu banyak dan hanya sesekali saja.

2. Bayam

Bercocok Tanam di Rumah bayam

Bayam adalah sayuran yang banyak digemari masyarakat Indonesia. Keunggulan tanaman bayam sendiri  adalah memiliki waktu yang relatif singkat untuk dipanen, yaitu hanya sekitar 1 bulan. Bayam juga bisa ditanam sepanjang tahun tanpa mengenal musim. Namun, jika ditanam saat musim hujan, bayam biasanya tumbuh lebih cepat.

3. Mentimun

Bercocok Tanam di Rumah timun

Mentimun terbilang tanaman yang produktif karena mudah tumbuh. Syarat tanamnya adalah tanah yang lembab dan banyak terkena sinar matahari. Jika ingin lebih baik, kamu bisa menambahkan bahan organik ke dalam tanah sebelum penananam.

4. Tomat

Bercocok Tanam di Rumah tomat

Menanam tomat dalam pot terbilang sudah banyak dilakukan oleh pecinta agrikultur. Tomat memang unggul karena mudah ditanam dan terbilang bandel sehingga bisa tumbuh dalam segala kondisi. Tomat sendiri akan lebih baik jika ditanam di area yang terkena sinar matahari langsung. Sedangkan untuk tanahnya, lebih baik yang mengandung banyak kompos, sedikit asam, dan ber-pH antara 6,2 sampai 6,8.

5. Selada

Bercocok Tanam di Rumah selada
cr: medium.com


Selada adalah tanaman yang tepat bagi pemula dalam bercocok tanam. Hal ini lantaran selada mudah tumbuh dengan cepat. Sinar matahari yang penuh menjadi syarat jika ingin selada tumbuh subur yang artinya cocok dengan iklim Indonesia. Sedangkan untuk tanah, sebaiknya menggunakan tanah subur yang gembur.

6. Bawang Merah

Bercocok Tanam di Rumah bawang

Buatlah lubang kecil di tanah, lalu selipkan bawang merah yang sudah memiliki akar. Dalam dua atau tiga minggu, bawang akan mulai tumbuh dengan munculnya daun di bagian atas bawang. Jangan lupa lakukan penyiraman rutin dan letakkan pot tanaman bawang ini di tempat yang teduh namun tetap terkena sinar matahari.

Baca Juga: 20 Fakta Seputar Vegetarian yang Mungkin Belum Kamu Ketahui
Gak Pake Ribet! Ini 5 Menu Simpel untuk Bekal Makan Siang Kamu
Wow! Ini Dia 10 Buah dengan Harga Fantastis di Dunia

7. Bawang Putih

Bercocok Tanam di Rumah bawang putih

Tak hanya bawang merah, bawang putih juga bisa ditanam dengan mudah di pekarangan atau pot. Kamu cukup menanam bawang yang sudah bertunas ke tanah subur. Pastikan bahwa badan bawang tertutup tanah dan siram secara berkala.

8. Kentang

Bercocok Tanam di Rumah kentang

Kentang terbilang jarang dibudidayakan di rumah. Padahal, tanaman kentang sangat mungkin ditanam di lahan rumah. Kamu bisa menggunakan benih kentang yang sudah berkecambah lalu potong dengan dua mata per potongnya. Setelah kentang mengering, tanam di tanah dan letakkan di tempat yang terkena sinar matahari penuh. Ketika daun sudah mulai tinggi, tambahkan lagi tanah secara berkala.

9. Cabai

Bercocok Tanam di Rumah cabe

Cabai menjadi bahan dasar masakan yang sangat banyak dibutuhkan dalam makanan nusantara. Oleh karenanya, kebutuhan cabai hampir ada setiap harinya dalam rumah tangga. Dari pada membeli, lebih baik menanamnya sendiri. Apalagi cabai termasuk tanaman yang sangat mudah tumbuh termasuk di dalam pot. Benih cabai juga banyak dijual selain juga bisa dengan menggunakan biji.

10. Kacang Polong

Bercocok Tanam di Rumah kacang polong

Kacang polong bisa menjadi alternatif tanaman yang cocok untuk berkebun di pekarangan rumah. Kacang polong sendiri lebih cocok ditanam di bawah naungan dan dalam musim hujan. Kebutuhan pupuk terbilang tidak begitu diperlukan namun penyiraman harus sangat diperhatikan.

11. Seledri

Bercocok Tanam di Rumah seledri

Seledri juga termasuk sayuran yang sering dipakai dalam masakan. Beruntung, seledri terbilang sangat mudah dalam penanamannya. Jika kamu membeli benih seledri, rendam dahulu dengan air hangat dalam beberapa menit sebelum menanamnya. Pemberian pupuk bisa dilakukan di awal tanam.

12. Wortel

Bercocok Tanam di Rumah wortel

Bagaimana dengan wortel? Ternyata wortel juga bisa ditanam di tanah pekarangan. Meskipun cukup lama masa berbuahnya, tetapi untuk penanaman dan perawatannya cukup sederhana. Kamu bisa menanam bibit wortel pada tanah yang sudah dicampur pupuk dengan penyiraman rutin.

Baca Juga: 10 Minuman Rendah Kalori di Starbucks
7 Restoran Buffet Terbaik di Jakarta untuk Makan Malam Keluarga yang Penuh Kehangatan
Mau Bebas Jerawat? Coba Makanan Ini!