in

Coba Perhatikan! 25 Gambar Ilusi Optik ini Akan Membuat Kamu Bingung

25 Gambar Ilusi Optik — Pernahkah kamu melihat gambar yang tampak berputar padahal nyatanya tidak? Ya, hal-hal semacam ini dikenal sebagai ilusi ilusi optik atau ilusi mata. Ilusi optik sendiri pertama muncul pada 1892 di sebuah majalah humor Jerman yang menunjukkan sebuah gambar yang bisa dilihat dari dua cara pandang berbeda.

Bermain ilusi optik memang cukup menarik. Selain membingungkan diri sendiri, hal ini juga bisa memberi pandangan bahwa pikiran kita sangat kompleks. Seperti 25 contoh ilusi optik berikut yang juga akan membuatmu bingung.

25 Gambar Ilusi Optik

1. Cincin Berputar

25 Gambar Ilusi Optik

Perhatikan gambar di atas. Fokuskan pada titik di tengah dalam beberapa detik lalu perlahan jauhkan pandangan. Maka kamu akan melihat bahwa gambar cincin itu seperti berputar ke satu arah. Kemudian, coba perlahan dekatkan kembali mata ke layar dan cincin pun akan berputar ke arah berlawanan.

2. Hermann Grid

25 Gambar Ilusi Optik

Ditemukan oleh Ludimar Hermann tahun 1870, ilusi optik satu ini termasuk yang paling klasik. Kamu akan melihat warna abu-abu diantara grid warna hitam dan putih.

3. Gambar Kabur

Gambar Kabur

Coba kamu perhatikan dan fokus pada gambar warna di atas. Perlahan, warna yang ada akan kabur dan perlahan hilang. Bagaimana, ajaib bukan?

4. Segitiga Kanizsa

Segitiga Kanizsa

Ditemukan oleh psikolog bernama Gaetano Kanizsa, ilusi satu ini akan membuatmu berpikir bahwa gambar terdiri dari garis putih segitiga dan segitiga hitam besar di depannya. Padahal nyatanya, tidak ada bangun segitiga sama sekali pada gambar tersebut.

5. Blivet

Blivet

Perhatikan gambar di atas. Apakah kamu mulai bingung? Ya, ilusi mata pada gambar tersebut memang sangat membingungkan karena objek awalnya terlihat hanya memiliki dua cabang namun dari sisi lain justru ada tiga cabang silinder.

6. Ilusi Monster

Apa yang kamu lihat pada gambar di atas? Dua monster, satu besar dan satu kecil? Padahal ukuran keduanya adalah sama. Ilusi mata terjadi karena otak secara otomatis menyesuaikan gambar yang jauh adalah yang lebih besar karena ukuran keduanya sama.

Baca Juga: Seniman Ini Bikin Orang Jadi Merasakan Punya Mata Minus, Awas Pusing!

7. Ilusi Jastrow

Ilusi Jastrow

Dinamakan dari penemunya, Robert Jastrow pada 1889, gambar ilusi di atas membuat kita menganggap gambar di bawah lebih  besar dari di atas. Padahal aslinya, keduanya sama secara ukuran.

8. Fraser Spiral

Fraser Spiral

Diperkenalkan pertama kali oleh psikolog asal Inggris, James Fraser pada tahun 1908, ilusi ini sering disebut juga dengan ‘spiral palsu’. Pasalnya gambar seperti busur yang tumpang tindih ini seperti berputar padahal sama sekali tidak.

9. Scintillating Grid

Scintillating Grid

Merupakan variasi dari Hermann Grid, gambar ilusi satu ini membuat mata kita melihat titik hitam yang muncul dan menghilang di persimpangan garis berwarna abu-abu. Hal ini membuat mata kita seperti bingung memastikan apakah ada titik hitam atau tidak.

10. Biru vs Hijau

Biru vs Hijau

Terdapat beberapa variasi yang dihasilkan dari ilusi optik di atas namun efeknya sama. Latar belakang ‘biru’ dan ‘hijau’ yang sebenarnya memiliki warna yang sama.

11. Tangga Tak Berujung

Tangga Tak Berujung

Melihat gambat susunan tangga dari lego di atas pasti membuatmu bingung. Bagaimana tidak, susunan tangga justru terlihat menyambung. Ilusi ini juga akrab dikenal dengan nama ‘segitiga penrose’.

12. Hitam Putih

Hitam Putih

Fokuskan pada tengah gambar sekitar 30 detik. Lalu lihat gambar secara menyeluruh. Apa yang kamu lihat?

13. Zollner Illusion

Zollner Illusion

Ilusi optik ini diperkenalkan oleh Johann Karl Friedrich Zollner. Berupa garis diagonal paralel dengan cabang-cabang kecil, gambar ini terlihat bergerak ketika layar di gerakkan atas bawah.

14. Hering Illusion

Apakah kamu melihat dua garis merah tersebut melengkung ke luar di bagian tengahnya? Padahal, kedua garis itu lurus, loh.

15. Lingkaran Titchener

Lingkaran Titchener

Coba perhatikan dua lingkaran berwarna oranye. Nampak kedua lingkaran itu memiliki ukuran yang berbeda. Di sisi kanan nampak lebih besar dibandingkan yang ada di kiri. Padahal, ukuran keduanya adalah sama.

16. Menara Miring

Menara Miring

Kamu tentu tahu dengan menara miring Pisa di Italia. Tapi coba perhatikan kedua gambar di atas. Nampak gambar menara pisa di kanan jauh lebih condong atau miring ke kanan dibanding menara di gambar kiri. Padahal, kedua gambar itu adalah sama. Tidak ada yang lebih miring dari yang lain.

17. Berdampingan atau Bertumpuk?

25 Gambar Ilusi Optik

Dua balok kayu di atas nampak membingungkan. Coba kamu perkirakan, apakah kedua balok itu berdampingan atau justru bertumpuk?

18. Tangga Melayang

Tangga Melayang

Padahal hanya berupa lukisan, namun jika dilihat ternyata benar-benar seperti nyata. Inilah ilusi mata tangga melayang yang berhasil menipu banyak orang.

19. Siluet Berputar

Siluet Berputar

Diciptakan oleh perancang website, Nobuyuki Kayahara, ilusi mata ini berhasil menipu siapa saja yang melihatnya. Hal tersebut lantaran arah putaran siluet dilihat berbeda-beda perspektif oleh berbeda orang. Sebagian melihatnya berputar searah jarum jam, sedangkan lainnya melihat berputar berlawanan jarum jam. Kamu yang mana?

20. Naik Turun

Naik Turun

Terlihat pilar yang naik turun ini seolah bergerak pula ke kanan dan ke kiri. Padahal aslinya, pilar hanya bergerak naik turun di posisi vertikal yang sama.

21. Persegi Berputar

Persegi Berputar

Ketika awal melihat gambar susunan persegi di atas, maka mata akan langsung menangkap gambar yang seolah bergerak. Namun ketika kita mencoba fokus, gambar akan kembali pada posisi diam.

Baca Juga: Menakjubkan! 7 Foto Ini Tanpa Editing Photoshop Loh!

22. Pergerakan Statis

Pergerakan Statis

Melihat gambar oval berbeda ukuran di atas pasti membuat mata menangkapnya sebagai gambar bergerak. Padahal ini bukan gambar GIF, melainkan gambar biasa yang diam.

23. Lilac Chaser

Lilac Chaser

Dikenal juga sebagai ilusi Pac-man, gambar di atas memang sangat menarik. Pasalnya, ketika kita melihat tanda tambah di tengah, maka lingkaran warna di sekelilingnya menjadi bercahaya secara bergantian layaknya lampu disko.

24. Cafe Illusion

Cafe Illusion

Ilusi optik dari gambar ini membuat kita berpikiran bahwa garis-garis hitam putih itu saling menyimpang satu sama lain. Padahal susunannya sebenarnya paralel.

25. Ilusi bayangan

Ilusi bayangan

Apa yang kamu lihat dari warna kotak A dan B? Kita pasti menganggap bahwa kotak A memiliki warna abu-abu lebih gelap dibanding B. Tapi nyatanya, ilusi yang diciptakan oleh Edward Adelson ini justru memiliki warna yang sama. Sulit dipercaya, tapi jika dibuktikan di photoshop hal itu benar adanya.