Image search for Gerhana matahari
in

Bersiap! Gerhana Matahari 2019 Melewati Indonesia pada 26 Desember Ini

Gerhana Matahari 2019, Gokilbos.com — Tahun 2019 menjadi tahun terjadinya 3 gerhana matahari. Namun dari ketiga gerhana matahari tersebut, 2 diantaranya yang terjadi pada 5-6 Januari dan 2 Juli 2019 tidak melewati Indonesia atau tidak bisa diamati dari Indonesia.

Gerhana matahari terakhir tahun ini yaitu gerhana matahari cincin yang akan terjadi pada 26 Desember esok, dipastikan akan melewati Indonesia dan bisa dilihat di beberapa kota di tanah air.

Mengenal Gerhana Matahari Cincin

Gerhana matahari cincin adalah fenomena alam yang bisa terjadi 1-2 tahun sekali. Namun lokasi yang dilaluinya akan berbeda-beda sehingga akan selalu menarik baik untuk masyarakat awam ataupun ilmuwan.

Meskipun tidak akan menyebabkan gulita layaknya gerhana matahari total yang pernah terjadi tahun 2016 silam, namun fenomena ini juga akan memberi efek unik tersendiri.

Baca Juga: 10 Minuman Rendah Kalori di Starbucks

Keunikan tersebut tak lain karena cahaya matahari yang hanya tersisa di sisi pinggirnya saja sehingga tampak seperti cincin. Hal tersebut terjadi lantaran piringan matahari tertutup piringan bulan. Tetapi posisi bulan berada di titik terjauh (apogee) sehingga tidak menutupi secara penuh matahari layaknya Gerhana Matahari Total.

Waktu Berlangsungnya Gerhana Matahari Cincin pada 26 Desember 2019

Tepat pada hari Kamis, 26 Desember 2019 sebagian penduduk Indonesia bisa merasakan terjadinya fenomena alam Gerhana Matahari Cincin. Tahapan terjadinya gerhana ini diperkirakan berlangsung sejak pukul 10.23 WIB.

Pada waktu ini, bulan baru mulai menutupi sebagian kecil piringan matahari. Baru kemudian gerhana matahari cincin benar-benar mulai terjadi sekitar pukul 12.16 WIB dan puncaknya pada pukul 12.18 WIB.

Gerhana matahari cincin berlangsung hanya sekitar 2 menit yakni mulai berakhir pukul 12.20 WIB. Sedangkan akhir dari semua rangkaia gerhana matahari terjadi pada pukul 14.15 WIB.

Daftar 25 Wilayah yang Dilewati Gerhana Matahari Cincin 2019

Mengingat luasnya wilayah Indonesia, maka tentu tidak semua kota atau daerah bisa melihat fenomena Gerhana Matahari Cincin ini.

Menurut laporan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (GMKG), setidaknya ada 25 wilayah yang akan dilewati oleh gerhana matahari cincin, yaitu Sinabang, Singkil, Sibolga, Pandan, Tarutung, Padang Sidempuan, Sipirok, Gunung Tua, Subuhan, Pasir Pengaraian, Dumai, Bengkalis, Siak Sri Indrapura, Selat Panjang, Tanjung Pinang, Tanjung Balai Karimun, Batam, Bandan Seri Bentan, Mempawah, Singkawang, Sambas, Bengkayang, Putussibau, Tanjung Selor, dan Tanjung Redep.

Baca Juga: 10 Situs Terbaik untuk Download Film Indonesia

Namun dari kedua puluh lima daftar tersebut, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) memprediksi lokasi paling ideal untuk bisa melihat Gerhana Matahari Cincin adalah Kabupaten Siak, Provinsi Riau.

Sedangkan untuk beberapa daerah lain seperti Sumatera Selatan, penutupan bulan hanya mencapai 80 persen dan di Pulau Jawa sekitar 70-80 persen. Bagi warga Jakarta sendiri, pengamatan yang tampak hanya sekitar 72 persen bulan yang menutupi permukaan Matahari.

Waspada! Jangan Melihat Matahari dengan Mata Telanjang

Layaknya dalam kondisi normal (tidak gerhana), kita dilarang untuk melihat ke arah matahari secara langsung alias mata telanjang. Hal tersebut lantaran intenstitas cahaya matahari yang besar bisa merusak retina mata.

Cara paling aman tentunya adalah dengan menggunakan teleskop yang biasanya disediakan oleh beberapa pihak seperti BMKG dan Lapan. Namun tentu tidak semua orang memiliki akses ke lokasi penelitian mereka. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan kacamata matahari yang dilengkapi filter ultraviolet dan infrared. 

Jika tidak memiliki kaca mata tersebut, Anda juga bisa menggunakan kacamata las nomor 14 atau lebih. Namun demikian, meskipun sudah menggunakan kacamata filter ataupun kacamata las, tetap perhatikan durasi pengamatanya. Jangan sampai mengamati matahari lebih dari 2 menit karena tetap akan berbahaya.

Baca Juga: Kumpulan Kata-Kata Motivasi Berikut Bisa Jadi Asupan Penyemangat

Jangan salah kaprah juga dengan penggunaan negatif film. Penggunaan negatif film untuk melihat gerhana matahari juga tidak disarankan karena selembar negatif film yang sudah terkena cahaya matahari akan berkurang kemampuan memfilternya hingga bisa 100 kali lebih besar dari batas aman.

Begitupun dengan kacamata hitam biasa. Kacamata hitam sama sekali tidak disarankan karena cahaya matahari yang tembus tetap bisa merusak mata.