in

Gokil Banget! 15 Kesalahan yang Terlihat Sederhana ini Ternyata Harus Dibayar Mahal

Kesalahan Sederhana yang Dibayar Mahal – Setiap orang pasti pernah membuat kesalahan. Ada yang tergolong kesalahan kecil, tetapi ada juga yang terbilang fatal. Apapun itu, memang sebaiknya kita menghindari adanya kesalahan karena bisa saja kesalahan yang kita buat berdampak lebih buruk dari yang dibayangkan.

Beberapa kisah berikut bisa dijadikan pembelajaran bagaimana sebuah kesalahan harus dibayar mahal. Dari mulai gedung kaca yang membuat benda di sekitarnya meleleh karena pantulan panas cahaya matahari, sampai hilangnya pengorbit Mars NASA di angkasa lantaran salah menggunakan saturan pengukuran, inilah 15 kesalahan sederhana yang harus dibayar mahal tersebut.

15 Kesalahan Sederhana yang Harus Dibayar Mahal

1. Gelas Starbuck di Serial Games of Thrones

C:\Users\USER\Documents\sribulencer\76. Anita 20 artikel\19.1.jpg

Sebuah kesalahan editing pernah terjadi pada salah satu episode dari serial populer Games of Thrones. Kesalahan itu adalah munculnya gelas kopi starbuck di salah satu scene. Hal ini tentu tidak masuk akan karena latar belakang waktu dari Games of Thrones adalah sebelum Starbuck pernah ada. Pihak HBO sendiri merespon hal ini dengan mengakui bahwa adanya gelas starbuck merupakan kesalahan tim syuting dan termasuk tim editing.

2. Blockbuster yang Menolak Kerjasama Netflix

C:\Users\USER\Documents\sribulencer\76. Anita 20 artikel\19.2.jpg

Pada tahun 90-an, kita sangat akrab dengan rental VCD. Bahkan ketika Netflix baru muncul di internet dan mengenalkan nonton streaming, generasi muda Amerika masih lebih suka menonton manual. Netflix pun berkeinginan untuk bekerja sama dengan Blockbuster dengan menayangkan film mereka di Netflix. Namun pihak Blockbuster menolak bahkan tertawa karena menganggap posisi mereka lebih superior. Tapi lihatlah sekarang, Netflix justru menjadi perusahaan besar dalam layanan video streaming.

3. Hilangnya Pengorbit di Luar Angkasa

C:\Users\USER\Documents\sribulencer\76. Anita 20 artikel\19.3.jpg

Sebuah kesalahan sederhana berhasil membuat sebuah pengorbit NASA hilang di luar angkasa. Hal ini terjadi pada tahun 1999 dimana seorang insinyur, Lockheed Martin salah menggunakan pengukuran metrik. Ia menggunakan metrik Inggris (inci, kaki, dll) sedangkan NASA menggunakan pengukuran metrik berbeda yaitu sentimeter, meter, dll). Kesalahan ini membuat informasi navigasi tidak bisa ditransfer dengan benar sehingga membuat pengorbit Mars seharga USD 125 juta hilang di angkasa.

4. Gedung Kaca yang Menyebabkan Mobil Meleleh

C:\Users\USER\Documents\sribulencer\76. Anita 20 artikel\19.4.jpg

Sebuah gedung pencakar langit memang biasa dibuat dengan kaca-kaca. Tetapi gedung karya arsitek Rafael Vinoly ini nampaknya salah perhitungan. Bentuknya memang unik yaitu melengkung, tetapi bentuk inilah yang membuat kaca reflektif yang dipakai memantulkan panas matahari ke sekitarnya termasuk bagian jalan. Hal ini bahkan pernah membuat sebuah mobil meleleh dan terbakar. Kesalahan ini akhirnya membuat gedung harus direnov dengan sementara ditutup kelambu dan kerai permanen dengan biaya yang luar biasa.

5. Founder Apple yang Hampir Kaya Raya

C:\Users\USER\Documents\sribulencer\76. Anita 20 artikel\19.5.jpg

Siapa yang tak kenal Apple, perusahaan teknologi terbesar ini sekarang menjadi lirikan banyak investor. Dibalik kesuksesannya, ternyata ada seorang founder  yang nampaknya menyesal. Sosok tersebut adalah Ronald Wayne. Ia sebenarnya adalah pendiri Apple bersama Steve Job dan Steve Wozniak. Namun ia mengaku tidak mau mengambil risiko sehingga setelah 12 hari Apple resmi berdiri, ia justru menjual 10 persen saham yang dimilikinya.

6. Jenggot Topeng Firaun yang Patah 

C:\Users\USER\Documents\sribulencer\76. Anita 20 artikel\19.6.jpg

Bukan karena dicuri, jenggot topeng firaun King Tuthankamun yang berusia 3.300 tahun patah akibat tersenggol petugas museum di Mesir. Kesalahan ini coba diperbaiki sementara oleh petugas tersebut dengan mengelemnya menggunakan lem epoksi. Tapi hal itu justru juga kesalahan karena epoksi sangat kuat dan biasa digunakan untuk logam atau batu. Akhirnya, tim gabungan dari Mesir dan Jerman harus bekerja sama untuk memperbaiki jenggot firaun ini dengan waktu dua bulan hanya untuk membersihkan lemnya saja.

7. Jembatan Rusak Hanya dalam Dua Hari

C:\Users\USER\Documents\sribulencer\76. Anita 20 artikel\19.7.jpg

Seorang arsitek tentu ingin karyanya berhasil dan bertahan lama. Tetapi hal itu tidak terjadi pada sebuah jembatan pedestrian di London yang justru harus ditutup kembali hanya dalam dua hari setelah dibuka. Diketahui para pejalan kaki merasakan jembatan bergetar dan bergoyang ketika melintas. Tak tanggung-tanggung, butuh dua tahun untuk memodifikasinya hingga jembatan kembali bisa digunakan.

Baca juga: Inilah 30 Hal yang Diinginkan Introvert agar Dipahami oleh Extrovert, Benar Gak?

11 Trik Cerdas untuk Kamu yang Sering Lupa Minum Air

20 Kesalahan Pola Pikir yang Menghalangi Kamu untuk Sukses

8. Negara Bagian yang Kehilangan Dana Pendidikan 

C:\Users\USER\Documents\sribulencer\76. Anita 20 artikel\19.8.jpg

Negara bagian New Jersey harus menerima pil pahit ketika mereka melakukan sebuah kesalahan. Kesalahan itu adalah soal administrasi dimana mereka tidak menyantumkan data informasi anggaran perbandingan tahun 2008 dan 2009. Kesalahan ini akhirnya membuat New Jersey kehilangan USD400 juta untuk dana federal pendidikan.

9. Salah Ketik Harga Tiket Pesawat

C:\Users\USER\Documents\sribulencer\76. Anita 20 artikel\19.9.jpg

Maskapai Alitalia pada 2006 lalu melakukan kesalahan fatal. Dalam situsnya, mereka justru menuliskan angka $39 untuk penerbangan dari Toronta ke Siprus. Padahal yang seharusnya adalah $3.900. Kesalahan ketik ini menjadikan dua ribu tiket terjual dalam waktu singkat sebelum pihak maskapai mengoreksinya. Demi untuk menghormati pelanggan dan mengakui kesalahan, maskapai akhirnya tetap memilih untuk menerbangkan pelanggan yang sudah membelinya. Wah, beruntung sekali, ya.

10. Galian yang Terlalu Dalam

C:\Users\USER\Documents\sribulencer\76. Anita 20 artikel\19.10.jpg

Sebuah galian rig minyak yang dioperasikan oleh Texaco ternyata melakukan pengeboran tanah terlalu dalam di Louisiana. Hal ini mengakibatkan runtuhnya pilar penahan Danau Peigneur. Kesalahan ini harus dibayar pihak Texaco dengan gant rugi berupa uang USD 44,8 juta.

11. Tenggelamnya Kapal Titanic

C:\Users\USER\Documents\sribulencer\76. Anita 20 artikel\19.11.jpg

Jika membahas tentang kesalahan yang harus dibayar mahal, maka sulit jika tidak memasukkan tragedi kapal Titanic. Tenggelamnya kapal supermegah di tahun 1912 ini tentu membuat kerugian dimana lebih dari 1.500 orang meninggal. Selain itu, untuk kerugian maternya adalah USD 7,5 juta yang jika dikonversi ke masa sekarang adalah setara USD 168 juta.

12. Kereta dan Ukuran Platform yang Tidak Pas

C:\Users\USER\Documents\sribulencer\76. Anita 20 artikel\19.12.jpg

Sebuah perusahaan kereta Prancis, SNCF pernah melakukan kesalahan fatal. Mereka membeli 2.000 kereta senilai USD 20 miliar, tetapi ternyata platform di stasiun yang mereka miliki terlalu sempit. Hal ini menjadikan perusahaan harus mengeluarkan dana esktra senilai USD 68 juta untuk memperluas platform kereta api tersebut. Hal ini merupakan kesalahan yang cukup memalukan bagi operator kereta api Perancis.

13. Kehilangan 7.500 Blitz Bitcoin

C:\Users\USER\Documents\sribulencer\76. Anita 20 artikel\19.13.jpg

Kejadian miris dialami oleh james Howells, seorang pekerja IT di Wales. Ia kehilangan simpanan 7.500 bitcoin ketika ia menghancurkan hard drive-nya. Nilai ini setara dengan USD 127 juta.

14. Hibah Pendanaan Pendidikan yang Gagal

C:\Users\USER\Documents\sribulencer\76. Anita 20 artikel\19.14.jpg

Tak hanya salah administrasi seperti yang sudah dibahas sebelumnya, pemerintahan negara bagian New Jersey juga pernah melakukan kesalahan fatal. Hal itu terjadi karena kesalahan ketika mengisi aplikasi dimana administrator menggunakan data tahun 2011, sedangkan yang diperlukan adalah 2009. Hal ini menjadikan hibah pendidikan USD 4,3 miliar dari Departemen Pendidikan USA batal diberikan.

15. Cola yang Salah Rasa

C:\Users\USER\Documents\sribulencer\76. Anita 20 artikel\19.15.jpg

Cola merupakan cita rasa klasik yang sangat khas dan terbilang tidak bisa diubah. Namun pada tahun 1985, Coca Cola melakukan terobosan dengan menggunakan rasa baru demi bersaing dengan Pepsi. Namun ternyata cola rasa baru yang lebih manis itu tidak disukai di pasaran. Akhirnya Pepsi justru untung besar karena banyak pecinta cola yang lebih memilih produk mereka.