penyebab sedih
in ,

Ngerasa Sedih Terus? Ini 9 Hal yang Bikin Kamu Sedih dan Nggak Boleh Kamu Abaikan!

9 Hal yang Bikin Sedih — Siapa yang tidak pernah bersedih? Saya rasa hampir mustahil jika tidak pernah bersedih. Anak kecil saja pernah bersedih, apalagi kita orang dewasa yang mulai terbiasa menelan pil pahit kehidupan. Perasaan ini seringkali di aduk-aduk oleh kesedihan.

Saat bersedih, tidak sedikit orang yang memilih untuk mengabaikan kesedihan nya, wajah tetap tersenyum kelihatan bahagia, padahal hatinya “ambyar” kemana-mana.

Salah satunya mungkin karena orang-orang di sekitar kita, atau bahkan kita sendiri kerap menganggap orang yang sedang “curhat” atau sekedar berbagi cerita sedihnya, adalah orang yang lemah, kurang strong dalam menjalani hidup. Jadi saat kita bersedih, kita memilih mengabaikan dan merasa baik-baik saja padahal fakta nya tidak.

Kutipan psikologi kekinian mengatakan, its okey to be not okey. Karena justru saat kita tidak mengabaikan kesedihan kita, mampu mengurai dan menyalurkan emosi kita dengan tepat.

Kita akan menemukan kekuatan dalam diri kita untuk bangkit dan mendapatkan apa yang sebenarnya kita inginkan dalam hidup ini.

9 Kemungkinan Penyebab Kesedihan

Kesedihan yang terjadi terus-menerus ekstremnya bisa berubah menjadi depresi loh, bahaya sekali buat kesehatan jiwa kita. Walaupun sebenarnya sedih dan depresi, punya ciri yang berbeda.

Saat kita sedih, kita  masih sadar bahwa sekarang kita sedang merasakan perasaan sedih. Kedua, perasaan sedih mudah datang tapi juga mudah pergi, jangka waktunya tidak terlalu lama.

Dan ketiga, pikiran yang mungkin muncul adalah merasa sendirian, tidak berdaya dan tidak ada yang menolong, namun sesaat saja, bisa teralihkan dengan hal lain.

Baca Juga: Good Bye Insecure! Stop Bandingkan Dirimu dengan Orang Lain dan Lihat Apa yang Terjadi..

Berbeda dengan depresi, saat kesedihan sudah menjadi depresi, pertama kita akan merasa mengalami mati rasa dengan perasaan kita. Kedua, ini akan berlangsung cukup lama, bisa jadi hingga berminggu-minggu.

Dan dalam pikiran kita akan selalu terbayang-bayang perasaan seperti terjebak lubang dalam tak berdaya keluar, menyerah, tak punya harapan, tanpa penolong dan ini sampai mempengaruhi perilaku kita. Wah, bahaya sekali ya kalau kesedihan sudah berubah jadi depresi.

Kalian semua pasti tidak mau sedih berlarut-larut dan berujung depresi kan? Maka dari itu penting kita mengenali sebab atau alasan mengapa kita sedih, supaya kita bisa menemukan solusi yang tepat kesedihan kita. Berikut ini 9 penyebab kesedihan, yang tidak boleh kalian abaikan,

9 Hal yang Bikin Sedih Terus-Menerus

1. Memilih Menghadapi Sendiri Tanpa Support System yang Mendukung

9 Kemungkinan Penyebab Kesedihan

Manusia diciptakan sebagai makhluk sosial, ada saat-saat dimana kita butuh orang lain untuk mendukung kita. Termasuk untuk menceritakan masalah yang kita alami, membuat kita merasa aman dan ada yang melindungi.

Namun terkadang kita yang berusaha sok kuat, tidak ingin orang lain sampai tahu masalah dan kesedihan kita, padahal kita butuh mereka untuk cerita. Disinilah justu kita menjadi jauh dengan orang-orang yang mendukung kita.

Temukan teman, sahabat, keluarga yang bisa jadi tempat “curhat” kesedihan kita. Menceritakan emosi bukanlah tanda bahwa kita lemah. Justru kita akan semakin kuat dan dikuatkan, dengan adanya sahabat atau keluarga yang memberikan pundak untuk bersandar dan tangan yang merangkul kita bangkit dari kesedihan. Find yours!

2. Sulit Terbuka Mengutarakan Kebutuhan Kita

Hal yang Bikin sedih

Kesedihan yang teramat sangat, membuat kita dirundung pilu. Seperti ada awan hitam diatas kepala kita, semua terasa sulit termasuk untuk menceritakan apa yang kita butuhkan atau inginkan pada orang lain.

Berharap sahabat atau keluarga kita peka dengan sendirinya, tapi kita yang justru tidak memberikan kesempatan mereka untuk tau apa sebenarnya yang sedang kita rasa. Hello guys, mereka bukan cenayang kan?

Baca Juga: Gagal Itu Nggak Salah, Ini 7 Pelajaran Berharga tentang Kegagalan di Usia 20-an yang Harus Kamu Tahu

Manusia tidak hanya butuh makan, minum dan tidur. Tapi kita juga butuh kasih sayang, harapan, perasaan ingin dimengerti. Jika kita ingin memenuhi kebutuhan ini maka jangan ragu katakan ya!

Ingat sahabatmu bukan cenanyang, kalau kamu sulit mengatakan nya, bantulah dirimu dengan menuliskan nya, dan tentukan siapa orang yang ingin kamu ajak berbagi cerita, dan langkah terakhir sampaikan apa yang tulisan kamu pada orang terdekatmu. Surely, itu akan melegakan mu!

3. Hilangnya Jati Diri

Hilangnya Jati Diri

Mulai sekarang berhenti menekan dan menyembunyikan perasaan sedih yang kita alami, itu menjadikan kita kehilangan jati diri kita.

Memalsukan atau menutupi apa yang kita rasakan sesungguhnya, akan membuat kita tidak memahami apa yang kita butuhkan sebenarnya. Jangan seperti ini ya, kenali dan jadilah dirimu yang sebenarnya.

4. Kesulitan Hidup

Hal yang Bikin sedih

Kesulitan hidup mampu menghadirkan rasa sakit dan membuat kita bersedih karenanya. Solusinya adalah, beri ruang untuk rasa sakit itu sembuh dengan sendirinya.

Terima bahwa memang itu adalah hal yang sulit bagi kita, dan biarkan diri kita berproses sesuai dengan kemampuan kita. Dengan begini, kamu akan lebih survive menghadapi berbagai macam kesulitan dalam hidup. Trust me!

5. Pikiran Negatif pada Diri Sendiri

Pikiran Negatif pada Diri Sendiri

Larut dalam kesedihan membuat kita kadang stress, menjadi tidak percaya diri bahkan mengatakan hal-hal negatif pada diri kita sendiri. Atau dengan kata lain, mem-bully diri kita sendiri. Jelas ini akan membuat kita sedih, dan efek lainnya adalah hilangnya kepercayaan diri.  Ini bahaya sekali ya dampaknya.

Solusinya sederhana, jangan berhenti mencintai dan menghargai diri kamu sendiri. Karena kekuatan, justru muncul dari keyakinan pada diri kita bahwa kita mampu, kamu berharga dan kamu layak untuk mendapatkan mimpi mu.

6. Perasaan Tidak Berdaya

Perasaan Tidak Berdaya

Saat kita merasa tidak berdaya karena sesuatu yang terjadi pada kita, tentu kita akan bersedih. Namun langkah yang tepat adalah justru dengan melawan perasaan ini, katakan pada diri kita keterpurukan dan perasaan tidak berdaya ini keliru. Kemudian buktikan pada diri sendiri, dengan cara kita sendiri kalau kita mampu dan dan kita berdaya. Fight for yourself!

7. Kurang Fokus pada Visi Hidup

Hal yang Bikin sedih

Kesedihan bisa juga terjadi karena kita kebingungan dengan arah hidup kita. Karena dari situ rawan muncul pikiran bahwa kita tidak ada kemajuan hidup, begini-begini saja, karena tidak bisa mengukur jelas seberapa jauh pencapaian kita terhadap tujuan kita.

Cara mengatasi nya tentu  dengan membuat pilihan arah hidup yang jelas. Sehingga kita bisa tetap terjaga dalam fokus mengejar cita dan optimis dalam hidup, dan mengejar apa yang sesungguhnya kita inginkan.

8. Tekanan Keadaan

Tekanan Keadaan

Sesuatu diluar kendali kita, lingkungan, ketidakadilan kondisi sekitar kita berpotensi membuat kita merasa tertekan dan sedih.

Namun kita selalu punya pilihan, untuk melawan, untuk bergerak maju dan mengubah keadaan ini. Berubahlah dan bangkit dari keterpukuran. You can do it!

9. Depresi

Hal yang Bikin sedih

Jika kesedihan kalian bertahan lama dan tidak kunjung selesai. Bisa jadi hal ini disebabkan oleh depresi. Jika sudah pada tahap ini, segeralah minta bantuan kepada psikolog atau psikiater ya, karena memang ini kondisi yang cukup serius dan membutuhkan pengobatan ahli, agar kondisi kesehatan jiwa kamu tidak terganggu.

Terakhir jangan lupa membagi perasaan pada orang-orang yang mampu menguatkan kita untuk mendukung pengobatan kalian. Its okey to be not okay kok. Satu hal terpenting adalah kesehatan jiwa raga mu.

Buka dirimu, curahkan perasaanmu pada orang-orang yang mendukungmu dan jangan terjebak dalam pikiran-pikiran negatifmu. Kamu ingin bahagia, orang-orang disekitarmu ingin kamu bahagia. Jadi, lepaskan dirimu dari hal yang bikin sedih dan jangan sampai lupa caranya bahagia ya!