in

Inilah 14 Tanda Bahwa Kamu Memiliki Kecerdasan Emosional yang Baik

Tanda Memiliki Kecerdasan Emosional – Setiap orang pasti memiliki emosi. Emosi merupakan perasaan yang ditunjukan melalui reaksi atas suatu kejadian. Namun yang terpenting bukanlah emosinya tetapi kemampuan untuk mengelola emosi tersebut. Kemampun mengelola emosi inilah yang disebut sebagai kecerdasan emosional.

Kecerdasan emosional merupakan soft skill yang sangat penting dimiliki seseorang untuk memperoleh kesuksesan pribadi atau pekerjaan. Bahkan beberapa orang percaya bahwa kecerdasan emosional (EQ) yang tinggi jauh lebih penting daripada IQ yang tinggi. Lantas, apa saja tanda bahwa seseorang itu memiliki kecerdasan emosional yang baik? 

14 Tanda Kamu Memiliki Kecerdasan Emosional yang Baik

1. Sering Memperhatikan Sekitar

Tanda Kamu Memiliki Kecerdasan Emosional

Dalam banyak hal, kamu seringkali memperhatikan sekitar termasuk gerak-gerik orang lain. Bedanya dari sekedar kepo, seseorang dengan kecerdasan emosional yang baik akan mencoba mengaitkan apa yang dilihatnya dengan logika. Hal ini dilakukan untuk bisa memahami latar belakang hingga sesuatu bisa terjadi. Dengan kata lain, seorang dengan kecerdasan emosional baik memiliki perpsepektif yang luas tentang kehidupannya.

2. Senang Berinteraksi dengan Ragam Manusia

Tanda Kamu Memiliki Kecerdasan Emosional

Kamu yang memiliki kecerdasan emosioanl tinggi akan cenderung merasa ingin tahu akan cara orang lain hidup. Hal ini membuatmu suka untuk berinteraksi dengan orang-orang dari berbagai latar belakang. Kamu juga suka untuk belajar tentang bagaimana orang lain menjalani kehidupannya.

3. Menyadari Kekuatan dan Kelemahan Diri

Tanda Kamu Memiliki Kecerdasan Emosional

Menyadari apa saja kekuatan dan kelemahan diri bukanlah sesuatu yang mudah. Di sisi lain, bahkan ada yang mencoba membohongi diri sendiri. Inilah yang menjadi pembeda dengan seseorang yang cerdas emosionalnya. Perhatikanlah dirimu. Apakah kamu sadar dengan kelemahan yang dimiliki? Apakah kamu tahu cara mengatasi kelemahan itu? Dan bagaimana dengan kelebihan diri dan upaya meningkatkannya? Jika kamu bisa menjawab semua itu, maka kamu bisa dikatakan memiliki kecerdasan emosional yang baik.

Baca juga: 8 Alasan Kuat Mengapa Kamu Harusnya Mencintai Musuhmu

4. Fokus pada Kehidupan Saat Ini

Tanda Kamu Memiliki Kecerdasan Emosional

Kamu percaya bahwa kehidupan masa lalu sudah berlalu dan masa depan belum terjadi, sehingga kamu akan fokus pada apa yang ada saat ini. Kamu yang cerdas emosionalnya merasa sangat senang dengan apa yang dialami saat ini dan sepenuhnya fokus untuk dikerjakan. Alih-alih menyesali masa lalu, kamu justru memilih berdamai dan ikhlas menerimanya. Begitupun dengan masa depan. Kamu menyadari itu akan terjadi, tapi tidak membuat khawatir untuk melangkah.

5. Selalu Mencoba Memahami Suasana Hati

Tanda Kamu Memiliki Kecerdasan Emosional

Ketika sedih, marah, kesal, atau apapun suasana hatimu, kamu akan berusaha untuk memahami dan menyadarinya. Tentunya tidak hanya memahami, kamu yang cerdas emosionalnya akan mencari cara untuk memperbaikinya jika suasana itu tidak baik. Kamu akan mengubah perspektif akan sesuatu agar hati lebih mudah dikendalikan.

6. Menghadapi Masalah, Bukan Menghindarinya

Tanda Kamu Memiliki Kecerdasan Emosional

Alih-alih menghindari masalah, kamu lebih cenderung menghadapinya. Hal ini kamu lakukan karena sadar bahwa jika dibiarkan maka masalah bisa menjadi lebih buruk. Jika masalah itu berkaitan dengan orang lain, maka kamu akan membicarakannya dengan baik-baik.

7. Motivasi Datang dari Diri Sendiri

Banyak orang yang termotivasi untuk meraih sesuatu karena dorongan orang lain. Namun bagi kamu yang memiliki kecerdasan emosional, motivasi terbesar justru datang dari dalam diri sendiri. Kamu juga akan mendengarkan kata orang lain, tetapi pada akhirnya kamu bisa memutuskan berdasarkan semangat diri sendiri.

Baca juga: 17 Keterampilan Sosial yang Harus Dimiliki agar Banyak Koneksi

8. Terus Mengembangkan Diri

Tidak pernah merasa puas, menjadikan kamu berusaha untuk terus mengembangkan diri. Orientasi kerja yang kamu lakukan tidak lain untuk membuat diri sendiri lebih baik di kemudian hari. Di sisi lain, kamu juga mempertimbangkan banyak hal agar bisa melakukan sesuatu secara maksimal.

9. Pendegar yang Baik

Meskipun tampak sederhana, tetapi mendengar adalah pekerjaan yang membutuhkan keahlian khusus. Kamu yang baik kecerdasan emosionalnya memiliki kemampaun mendengarkan ini. Kemampuan ini berupa kebersediaan mendengarkan keluh kesah orang lain tanpa menghakimi mereka. Tanggapan yang kamu berikan lebih kepada motivasi yang membangun.

10. Berempati pada Semua Orang

Ketika orang menyampaikan kesedihannya, kamu akan turut merasakan dan memahami rasa sakit itu. Bahkan sekalipun kondisi tersebut belum pernah kamu alami. Hal inilah yang disebut dengan empati yakni kemampuan turut merasakan apa yang orang lain rasakan.

11. Layaknya ‘Bunglon’ dalam Kehidupan Sosial

Perhatikan dirimu, apakah kamu bisa mengubah perilaku berdasarkan dimana kamu berada. Hal ini berbeda dengan fake, karena sejatinya kamu tetap menjadi dirimu sendiri tetapi bisa menyesuaikan diri dengan kondisi yang ada.

12. Mampu Mendengarkan Intuisi dalam Mengambil Keputusan

Dalam menghadapi masalah dan dituntut mengambil keputusan, seorang yang cerdas emosionalnya mampu melibatkan intuisi. Intuisi adalah kemampuan memahami sesuatu tanpa harus melalui penalaran rasional dan intelektualitas. Hal ini seperti dorongan diri untuk meyakini bahwa sesuatu itu baik atau buruk. 

13. Mampu mengatakan ‘Tidak’ Jika Diperlukan

Rasa ingin selalu menyenangkan orang lain tidak selalu baik. Jika kamu bisa memahami keinginan orang lain tetapi juga paham dengan situasi diri, maka mengatakan ‘tidak’ juga perlu dilakukan. Kemampuan mengatakan ‘tidak’ ini juga merupakan tanda bahwa kamu cerdas secara emosional.

14. Mampu Membaca Perasaan Orang Lain

Tanda terakhir jika kamu memiliki kecerdasan emosional adalah mampu membaca perasaan orang lain. Kamu bisa memahami isyarat dan perilaku seseorang untuk mengerti isi hati orang lain tanpa harus dikatakan.