menjaga-kesehatan-di-kantor
in ,

Rutinitas Pekerjaan Bikin Nggak Sehat! Ini 6 Tips Ampuh Menjaga Kesehatan di Kantor

6 Tips Ampuh Menjaga Kesehatan di Kantor — “Saya kan kerja di kantor, mana sempet olahraga”. Pernah mendengar alasan begitu? Atau kamu sendiri yang suka membuat alasan itu kepada orang lain atau kepada diri sendiri?

Ya, tidak heran memang banyak orang yang akhirnya malas untuk berolahraga atau menjaga kesehatan tubuh karena alasan tidak punya waktu dan lingkungan yang tidak mendukung. 

Seringkali kita memandang bahwa menjaga kesehatan tubuh artinya dengan berolahraga berat seperti jogging atau nge-gym. Padahal tentunya hal tersebut tidak sepenuhnya benar.

Menjaga kesehatan tubuh juga bisa dilakukan dengan aktivitas ringan dan pola hidup sehat yang sederhana saja. Terpenting adalah aktivitas itu dilakukan secara kontinu atau konsisten agar efeknya bisa terasa.

Lantas apa yang bisa dilakukan untuk para pekerja kantoran agar bisa tetap menjaga kesehatan? Berikut beberapa tips sederhana menjaga kesehatan tubuh yang bisa dilakukan di kantor.

Rancang Meja Kerja agar Nyaman

C:\Users\USER\Documents\sribulencer\41. 10 artikel\8 a.jpg

Kebersihan adalah salah satu syarat hidup sehat. Oleh karena itu, penting untuk membuat lingkungan kerja kita menjadi bersih, apalagi untuk meja kerja yang selalu ditempati. Tapi tak hanya soal bersih, hal yang juga tak kalah penting adalah membuat meja kerja kamu menjadi menarik hingga terasa nyaman. Hal ini penting agar secara jiwa pun kamu merasa senang ketika ada di meja kerja, bukan justru merasa tertekan. Dengan hadirnya rasa senang pada diri, maka secara tak sadar kamu sudah membuat energi positif datang ke tubuh dan semakin semangat melakukan tips-tips berikutnya.

Bawa Bekal dari Rumah

C:\Users\USER\Documents\sribulencer\41. 10 artikel\8 b.jpg

Membawa bekal dari rumah rasanya bukan hal yang aneh lagi bagi pekerja kantoran. Sekarang membawa bekal justru bisa menjadi tren yang bisa diterapkan baik oleh wanita atau pria. Efek membawa bekal tentu tak perlu ditanya lagi karena kebersihan makanan menjadi terjaga. Di sisi lain, kamu tidak hanya sehat secara fisik tetapi juga sehat secara dompet.

Selalu Sedia Air Putih di Atas Meja Kerja

C:\Users\USER\Documents\sribulencer\41. 10 artikel\8 c.jpg

Bekerja di kantor dengan ruangan ber-AC sering membuat kita lupa untuk minum. Padahal dengan ber-AC maka ruangan akan menjadi lembab dan membuat tubuh lebih mudah kehilangan cairan. Untuk mencegah dehidrasi, maka selalu sediakan gelas atau tumblr dengan air putih yang selalu terisi. Dengan adanya air yang terlihat di depan mata, maka seharusnya tidak ada alasan untuk malas minum. 

Lakukan Gerakan Ringan Secara Berkala

C:\Users\USER\Documents\sribulencer\41. 10 artikel\8 d.jpg

Melakukan kerja seringkali membuat lupa waktu. Untuk itu, pastikan kamu membuat jeda untuk beristirahat secara berkala. Tidak hanya beristirahat, kamu juga harus melakukan gerakan tubuh ringan untuk meregangkan otot. Tak perlu melakukan hal-hal sulit, cukup melakukan peregangan seperti pemanasan sebelum berolahraga. Jika mungkin, manfaatkan perabotan di dalam ruang seperti kursi sebagai media.

Jangan Lupa Cuci Tangan

C:\Users\USER\Documents\sribulencer\41. 10 artikel\8 e.jpg

Tips berikut seringkali dilupakan padahal terbilang sederhana. Ya, mencuci tangan adalah perkara mudah tetapi sering diabaikan. Padahal dengan banyaknya aktivitas di kantor yang mengharuskan banyak memegang benda menjadikan kuman penyakit juga banyak tersebar. Untuk itu, jangan lupa untuk mencuci tangan terutama ketika ingin makan siang atau sekedar nyemil.

Gunakan Tangga

C:\Users\USER\Documents\sribulencer\41. 10 artikel\8 f.jpg

Jika ruang kerja kamu berada di lantai atas, maka tak ada salahnya untuk menggunakan tangga. Tentunya tidak mungkin jika kamu menggunakan tangga sedangkan ruangan ada di lantai 10.  Oleh karena itu, gunakan saja tangga untuk naik satu atau dua lantai saja. Selanjutnya baru bisa dilanjutkan dengan naik lift. Hal ini jika dilakukan secara rutin tentu sangat bermanfaat untuk stamina tubuh.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk tetap menjaga kesehatan meskipun berada di kantor. Tips-tips tersebut sangat sederhana dan tidak membutuhkan usaha ekstra sehingga seharusnya bisa dilakukan. Pada intinya, semua harus dilakukan secara konsisten agar memberi manfaat yang nyata.