in

Lucunya Cerita Anak Tertua yang Membandingkan Perlakuan Orangtua pada Sang Adik

Cuitan Hati Seorang Kakak — Menjadi seorang anak sulung tampak cukup menyenangkan. Setidaknya kehadiran anak pertama begitu dinantikan pasca menikah, baik bagi pasangan suami istri itu sendiri maupun keluarga besar. Selain itu, menjadi anak sulung juga membuatmu mendapat perhatian penuh orang tua seminimalnya 1 tahun pertama. Namun, bagaimana ketika sang adik akhirnya hadir?

Sebagian kamu mungkin menganggap kehadiran adik bisa cukup menyenangkan. Kamu bisa memposisikan diri sebagai ‘senior’ yang punya kekuasaan lebih. Tetapi tentu tidak selamanya bisa demikian. Beberapa kasus yang cukup sering ditemui adalah soal kecemburuan. Sang kakak lebih sering cemburu lantaran perhatian orang tua terkesan lebih besar pada adiknya. 

Cuitan Lucu Hati Seorang Kakak

Bentuk ‘diskriminasi’ orang tua ini ternyata menggelitik seorang komedian dan penulis Abby Govindan untuk mencuitkan pengalaman masa kecilnya ketika orang tua membedakan perilaku untuknya dan adiknya. Cuitan ini ternyata berhasil mendapat perhatian warga twitter dengan memperoleh lebih dari 511K loves, 47K retweeets, dan 3K komentar. 

Berikut Tweet dari Abby Govindan yang dibagikan pada 16 Desember 2019 kemarin.

C:\Users\USER\Documents\sribulencer\57. Anita 20 artikel\10a.jpg

Dalam kicauannya, Abby mengisahkan bahwa ketika ia masih sekolah menengah dan kedapatan merokok, ibunya sangat marah dan menangis selama 3 hari. Ia harus menjalani terapi kecanduan, dihukum selama 2 bulan, hingga dilarang memakai mobil. Tetapi 6 tahun kemudian, ketika adiknya melakukan hal serupa, ibunya hanya menasehati dan meminta sang adik berhenti merokok.

Dalam cuitan berikutnya, Abby juga memberi respon yang cukup menarik dan lucu. Ia mengajak semua kakak untuk bersatu menuntut kondisi yang lebih baik dan perlakukan yang adil. Tweet ini tentu disukai hingga mendapat lebih dari 123K Loves dan 14K Retweets.

C:\Users\USER\Documents\sribulencer\57. Anita 20 artikel\10b.jpg

Kisah yang cukup miris sekaligus lucu yang dibagikan Abby Govindan tersebut seperti diamini oleh warga twitter lain. Dari ribuan komentar, banyak yang juga membagikan curhatan serupa yaitu dari para kakak yang merasa perlakuan orang tuanya terlalu spesial pada sang adik.

Baca Juga: Benarkah Uang Bisa Membeli Cinta Sejati?

Seperti komentar pemilik akun @ejvloveee berikut. Ia mengibaratkan bahwa seorang kakak perempuan tertua dalam sebuah keluarga akan lebih kuat dibandingkan marinir Amerika.

C:\Users\USER\Documents\sribulencer\57. Anita 20 artikel\10c.jpg

Ada pula komentar akun @isafunnyworld yang mengatakan bahwa ia harus menunggu usia 13 tahun untuk bisa mempunyai ponsel sendiri karena begitulah aturan dari sang ibu. Namun, ketika adik perempuannya berulang tahun ke 9, justru adiknya mendapat ponsel sebagai hadiah. Cerita ini ternyata juga serupa seperti yang dialami oleh pemilik akun @gabfct yang membalas komentar tersebut.

C:\Users\USER\Documents\sribulencer\57. Anita 20 artikel\10d.jpg

Kisah tak kalah miris juga dibagikan pemilik akun @MarshaMelloh. Ia mengaku selepas tamat sekolah, ia sudah harus membayar sendiri mobilnya sebesar 3000 Dollar per bulan. Ia juga harus membayar sendiri asuransi hingga pengeluaran lain. Sangat berbeda dengan adik perempuannya yang bahkan sudah dua kali merusak dua mobil yang keduanya dibelikan oleh orang tuanya.

C:\Users\USER\Documents\sribulencer\57. Anita 20 artikel\10e.jpg

Masih ada banyak komentar serupa yang seolah menjadi tempat curhat anak sulung atau kakak atas perlakuan tidak adil orang tua terhadap mereka. Kisah ini tentu bisa menjadi suatu hal yang lucu ketika dianggap sebagai memori masa lalu. Namun apakah perlakuan seperti ini bisa dianggap biasa saja?

Penelitian yang dilakukan oleh Marc H. Bornstein dan timnya yang diterbitkan oleh Jurnal Social Development menemukan bahwa disadari atau tidak, sikap pengasuhan ibu cenderung akan berubah setelah anak pertama. Artinya, anak kedua dan seterusnya cenderung dibesarkan dengan sedikit berbeda dibanding kakaknya. Namun perlu diingat bahwa perbedaan perlakuan ini tidak berhubungan dengan kadar kasih sayang ibu karena sejatinya kasih sayang itu sama saja.

Lantas apakah perbedaan perilaku orang tua kepada anak-anaknya bisa mempengaruhi si anak? Jawabannya tentu saja ia. Perlakuan ibu yang berbeda akan membuat anak punya perilaku yang bervariasi. Menurut penelitian tersebut, anak sulung justru akan lebih mudah bersosialisasi dan secara emosioanal lebih siap sedia.

Baca Juga:
Viral! Influencer ini Menunjukkan Jomplangnya Foto Instagram Versus Real Life
Menakjubkan! Inilah 16 Kreasi Roti Panggang Karya Seniman Jepang
25 Hal yang Baru akan Kamu Sadari di Usia 20-an

Pada akhirnya, perbedaan perlakuan orang tua pada anak memang bisa terjadi. Namun efek dari hal itulah yang harus diantisipasi. Jangan sampai rasa cemburu yang dialami anak terlalu dalam tanpa ada rasa pengertian. Maka, kuncinya ada pada kebijaksanaan orang tua itu sendiri.

Apa kamu punya kisah yang sama?