in ,

Mau Sukses? Mungkin Kamu Bisa Mencontoh 8 Kebiasaan Orang-Orang Hebat Ini

8 Kebiasaan Orang Sukses — Siapa yang tidak ingin menjadi sukses. Kesuksesan hidup terutama dalam hal karir menjadi tujuan yang dicari oleh semua orang dewasa. Namun seringkali kita terjebak dengan kebiasaan-kebiasaan buruk yang disadari atau tidak membuat kesuksesan itu menjadi lebih sulit diraih.  

Melakukan aktivitas yang baik dan bermanfaat tak dipungkiri adalah hal penting. Ini dilakukan untuk meningkatkan pemikiran kreatif, produktivitas, dan membangun keseimbangan hidup hingga mencapai kesehatan mental.

Hal ini sebenarnya dicontohkan oleh mereka yang sudah meraih kesuksesan karir tersebut, seperti Bill Gates dan Mark Zuckerberg. Mereka rutin melakukan aktivitas harian yang mungkin jarang dilakukan oleh orang kebanyakan. Aktivitas apa yang dimaksud?

8 Contoh Kebiasaan Orang-Orang Hebat

1. Membaca Ragam Hal

8 Kebiasaan Orang Sukses

Sudah menjadi rahasia umum bahwa mereka yang sukses umumnya suka membaca. Kebiasaan yang terkesan sederhana namun tidak semua orang merasa butuh untuk membaca setiap hari. Padahal, bagi mereka yang sukses maka membaca adalah aktivitas rutin harian. Hal yang dibaca pun tidak sebatas apa yang disukai, tetapi semua hal bisa menjadi bahan bacaan.

P.J Worsfold, kepala divisi produk platform Footsy, mengatakan bahwa ia menghabiskan satu jam setelah makan malam untuk membaca berbagai informasi dari mulai industri, budaya pop, dan tentunya peristiwa terkini.

Ya, membaca memang sepenting itu jika kamu ingin sukses. Membaca adalah jalan untuk masuk ke pikiran orang-orang hebat dan mengunjungi lokasi yang tidak pernah kamu datangi sebelumnya. Pada akhirnya, ini bisa menjadi cara untuk meningkatkan kapasitas diri dalam setiap aspek kehidupan.

2. Olahraga

8 Kebiasaan Orang Sukses

Salah jika kamu berpikir bahwa mereka yang sukses dan sibuk dengan urusan bisnis membuatnya lupa akan olahraga. Justru kebanyakan mereka melakukan olahraga sebagai aktivitas harian. Setidaknya itu yang dilakukan oleh Bill Gates.

Pendiri Microsoft itu menyatakan bahwa ia berolahraga di treadmill setiap pagi hari setelah bangun tidur. Bahkan kegiatan olahraga itu ia lakukan sembari melalukan hal lain seperti menonton. Setiap orang yang sukses menyadari bahwa untuk mendapatkan kesehatan pikiran, tubuh mereka juga harus bugar.

Tom Carlet dalam bukunya, Change Your Habits, Change Your Life mengatakan bahwa 76 persen populasi orang kaya melakukan olahraga minimal 30 menit setiap hari. Kebanyakan mereka percaya bahwa kesuksesan dan kebahagiaan sangat berkaitan dengan kebugaran fisik.

Mark Zuckerberg, sang miliarder dunia itu juga setuju dengan hal tersebut. Dia melakukan olahraga setidaknya tiga kali dalam seminggu di pagi hari.

3. Menghilangkan Ketakutan

8 Kebiasaan Orang Sukses

Rasa takut adalah ancaman besar bagi kesuksesan. Kamu tidak akan mencapai hasil yang luar biasa tanpa adanya keberanian dari dalam diri. Sosok Warren Buffet juga dulu awalnya takut berbicara di depan umum. Bahkan rasa takut itu membuatnya jatuh sakit. Ia bahkan harus kursus public speaking meski akhirnya juga keluar dan selalu menghindari presentasi apa pun.

Tapi apa yang dia lakukan untuk mengatasinya? Beberapa tips yang ia berikan bisa kamu contoh, yaitu:

  1. Buatlah perubahan kecil dalam hal apapun itu
  2. Ubah rasa taktut menjadi aksi positif hingga menjadi sebuah peluang.
  3. Berlatih seperti dalam keadaan sebenarnya.

Warren pun mencoba memberanikan diri untuk mengajar dan kembali menyelesaikan kursus public speaking.

4. Jangan Menyerah

Jangan Menyerah

Mereka yang sukses sangat memahami bahwa kesulitan pasti akan ada akhirnya. Hal itu juga dialami oleh Jack Ma, sang pendiri Alibaba dan Elon Musk, pendiri SpaceX dan Tesla Motors yang pernah merasakan masa-masa sulit dalam hidupnya.

Elon Musk mengaku pernah mengalami intimidasi di sekolah.  Ia juga pernah dipecat dari Paypal. Namun, itu tidak membuatnya berkecil hati. Ia justru terus berjuang hingga berhasil mendirikan Tesla dan mencatatkan dirinya sebagai orang terkaya di Amerika.

Begitupun dengan Jack Ma. Ia mengaku ditolak 10 kali oleh kampus bergengsi Harvard. Ia juga bahkan ditolak bekerja di KFC. Namun lihat apa yang terjadi padanya sekarang. Semua tak terlepas dari rasa tidak menyerah.

5. Tetaplah ‘Lapar’ dan ‘Merasa’ Bodoh

Tetaplah ‘Lapar’ dan ‘Merasa’ Bodoh

Ketika Steve Jobs dan Steve Wozniak memulai mendirikan Apple, mereka membuka kantor di garasi orang tuanya. Tidak ada yang menyangka bahwa langkah itu justru membuat mereka bisa mengalami kesuksesan seperti sekarang. Steve juga pernah mengalami masa berat ketika dewan direksi mengeluarkannya dari perusahaan pada tahun 1985 karena mereka tidak percaya akan gagasan Mackintosh darinya.

Baca Juga: Ingin Sukses seperti Sri Mulyani? Sosok Panutan Milenial di Indonesia Ini Bocorin Tipsnya!

Kesuksesan tak lain karena rasa ‘lapar’ akan ilmu baru sehingga kita bisa terus mencarinya. Begitupun dengan rasa bodoh membuat kita akan terus belajar dan tidak puas. Hal-hal inilah yang harus ditanamkan setiap harinya.

6. Mencatat

Mencatat

Terkesan simpel, namun inilah aktivitas rutin yang orang-orang sukses itu lakukan. Ya, mencatat perlu dibiasakan karena ide dan rencana yang terpikir bisa begitu berharga. Seperti yang dilakukan Richard Brandson, sang miliarder itu mengaku selalu mencatat apa saja dalam banyak kesempatan.

Begitupun dengan Gates, ia menyiapkan kertas di sakunya dan akan mencatat banyak hal yang terjadi termasuk ide-idenya.

7. Buat Rencana

Buat Rencana

Bill Gates adalah salah satu potret orang yang sukses dalam memanajemen waktu. Ia mengaku selalu membagi jadwalnya dalam interval lima menit. Elon Musk juga melakukan hal serupa. Setiap menit waktunya direncanakan dengan cermat. Ia tidak percaya pada penundaan. Bagi Musk yang juga diamini Warren Buffet, waktu adalah satu-satunya aset yang tidak bisa dibeli dengan uang.

Jadi, bagaimana dengan kamu? Apakah kamu merencanakan harimu? Ingat pesan Bill Gates ini “Apa pun hal yang membuang-buang waktu, maka sebenarnya yang terbuang adalah peluang emas untuk menjadi sukses”

8. Berbagi

Berbagi

Berbagi tidak hanya soal uang. Mereka yang sukses juga gemar berbagi ide. Memberi adalah kebiasaan mereka yang sukses, dan mereka tak takut untuk kehabisan. Semua karena mereka paham bahwa hidup bukan soal waktu, tetapi berapa yang bisa kita bagikan.

Baca Juga: Butuh Inspirasi dan Motivasi untuk Meraih Sukses? Coba Tonton Film ini!

Itulah delapan hal yang menjadi kebiasaan rutin harian orang-orang sukses. Kita bisa mencontohnya sebagai bentuk usaha menuju kesuksesan itu. Namun yang tak kalah penting adalah untuk kita memastikan makna sukses itu sendiri. Pikirkan apa yang menjadi tujuanmu agar semua usaha itu bisa terarah.