in

Menakjubkan! Inilah 16 Kreasi Roti Panggang Karya Seniman Jepang

Kreasi Roti Panggang – Beberapa waktu lalu dunia media sosial diramaikan dengan kreasi susunan meses di atas roti. Ide kreatif ini hadir lantaran banyak orang yang bosan setelah mengalami masa karantina akibat pandemi Covid-19. Ternyata, hal ini juga dilakukan oleh seorang seniman asal Jepang, Manami Sasaki. Ia mengenalkan kreasi hiasan di atas roti panggan, namun menggunakan berbagai toping dari mulai selai, krim, telur, daging, dan lainnya. Ia membagikan hasil karyanya tersebut di media sosial Instagram dengan nama akun sasamana1204.

16 Kreasi Roti Panggang Karya Seniman Jepang

1. Zen Garden

Kreasi Roti Panggang

Di Jepang, ada seni menata taman tradisional yang dikenal dengan nama Zen Garden atau Rock Garden. Hal inilah yang menjadi inspirasi Sasaki hingga membuat olesan krim layaknya guratan pasir dan kacang sebagai batunya.

2. Sakura

Kreasi Roti Panggang

Bunga nasional Jepang, Sakura pasti tidak akan ketinggalan sebagai inspirasi. Sasaki berkreasi dengan selembar roti bakar sebagai media gambar serta selai blueberry dan coklat sebagai tintanya. Karyanya ini nampak sangat cantik dan cukup detail.

3. Melati

Kreasi Roti Panggang

Sasaki mengaku berkreasi membuat roti bakar ini untuk mengusir penat dalam kondisi karantina. Setiap pagi dia duduk dan mulai membuat karya di atas roti panggang ini. Ia juga mencoba beragam tema untuk memperkaya karyanya ini. Salah satunya, tema bunga melati seperti di atas. Ia memakai daun mint sebagai daun melati serta mustard, saus tomat, dan margarine sebagai penghias lain.

4. Hanafuda

Kreasi Roti Panggang

Hanafuda adalah permainan kartu asli Jepang. Dari sinilah Sasaki mencoba membuat desain roti panggang dengan inspirasi kartu Hanafuda tersebut. Tampak hasilnya sangat menawan layaknya lukisan.

5. Sei Shonagon

Kreasi Roti Panggang

Sei Shonagon adalah seorang penulis dan penyair terkenal dari Jepang. Sasaki mencoba menunjukkan rasa kagumnya pada tokoh ini dengan menjadikannya hiasan roti panggang. Semakin menarik lagi karena dibuat pula huruf kanji yang sangat detail.

6. Miffy

Kreasi Roti Panggang

Sosok kelinci karya ilustrator Dick Bruna juga berhasil dibuat karyanya. Sasaki menggunakan bahan berupa tarako mayo, krim, lembaran rumput laut, dan keju. Nampak roti ini tidak hanya cantik tapi juga cukup lezat. 

Baca juga: 25 Karya Seni Merangkai Balon dari Seniman Jepang ini Akan Membuatmu Berdecak Kagum

7. Nihon Buyo

Kreasi Roti Panggang

Nihon Buyo adalah suatu bentuk gerakan yang berkaitan dengan kimono. Menariknya, dengan menggunakan bahan-bahan seperti tomat, basil, paprika, kubis, dan saus tomat, Sasaki berhasil merepresentasikannya di roti panggang.

8. Bulan

Kreasi Roti Panggang

Meskipun tampak sederhana, tapi coba perhatikan baik-baik karya bertema bulan ini. Tampak jelas bahwa dibutuhkan keterampilan ekstra untuk bisa membuat guratan dan tekstur yang menyerupai permukaan bulan. Warna bulan yang dipakai Sasaki sendiri adalah dari cumi.

9. Franco Grignani

Kreasi Roti Panggang

Bagi seniman, nama Franco Grignani sangat dikenal. Ia merupakan seniman asal Italia yang memiliki ciri khas dari desain grafisnya. Hal inilah yang coba diaplikasikan oleh Sasaki melalui karyanya ini.

10. Pantone

Kreasi Roti Panggang

Sasaki mengaku membutuhkan waktu sekitar 3 jam untuk menghasilkan sebuah karya. Tetapi bisa lebih cepat atau lebih lama tergantung tema dan kerumitannya. Bahkan pada awal-awal mencoba, ia menghabiskan waktu hingga 6 jam.

11. Sharaku

C:\Users\USER\Documents\sribulencer\72. Anita 15 artikel\12.11.jpg

Sharaku adalah seorang seniman yang sangat terkenal  dan aktif di Tokyo. Memperingati 200 tahun Sharaku, maka Sasaki membuat kreasi roti panggang dengan menggambar wajah Sharaku menggunakan kayu manis, margarin, krim, coklat, dan buah-buahan.

12. Komik Manga

C:\Users\USER\Documents\sribulencer\72. Anita 15 artikel\12.12.jpg

Jepang dan Manga adalah dua hal yang tak terpisah. Mengusung konsep Gegege No Kitaro yang merupakan anime klasik terkenal, Sasaki berhasil menghadirkan selembar roti layaknya selembar komik.

Baca juga: Seniman Ini Bikin Orang Jadi Merasakan Punya Mata Minus, Awas Pusing!

13. Kintsugi

C:\Users\USER\Documents\sribulencer\72. Anita 15 artikel\12.13.jpg

Di Jepang, ada sebuah seni untuk mereparasi barang pecah belah yang dikenal sebagai Kintsugi. Keahlian Sasaki dalam bidang seni yang sudah ditekuninya sejak kecil berhasil menjadikan konsep ini menjadi karya seni indah di roti panggang. Bahan yang digunakan untuk menghasilkan karya ini adalah selembar roti, sour cream, edible, dan saus tomat.

14. Eye Bee M

C:\Users\USER\Documents\sribulencer\72. Anita 15 artikel\12.14.jpg

Plesetan logo IBM alias eye bee M berhasil dibuat di atas selembar roti. Tampak tiga gambar yang dibuat yaitu sebuah mata, lebah, dan huruf M. Bahan yang digunakan cukup banyak yaitu seperti paprika, kacang macadamia, rumput laut panggang, saus, keju, kol ungu, dan nasi.

15. Paul Rand

C:\Users\USER\Documents\sribulencer\72. Anita 15 artikel\12.15.jpg

Paul Rand adalah seorang direktur senindan desainer grafis yang sangat terkenal. Didedikasikan untuknya, Sasaki membuat karya roti panggang dengan mengusung tema tentangnya.

16. Bruno Munari

C:\Users\USER\Documents\sribulencer\72. Anita 15 artikel\12.16.jpg

Bruni munari adalah seorang seniman italia yang terkenal dengan karya Tutto Quadro. Sasaki pun membuat karya ini di atas selembar roti dengan menggunakan tomat ceri, basil, rumput laut, dan sour cream.