in

PDKT dengan Seseorang via Instagram? Ini Tips dan Triknya!

Tips dan Trik PDKT ig

Tips dan Trik PDKT — Sebelum adanya media sosial, ketika kita tertarik pada seseorang maka hal yang dilakukan adalah dengan mendekatinya secara langsung. Mengajaknya berkenalan, ngobrol, hingga menanyakan nomor telepon. Ya, ini adalah bentuk PDKT alias pendekatan yang dilakukan untuk bisa mencuri hati seseorang yang disuka.

Tetapi zaman sudah berubah, cara-cara PDKT juga mengalami pergeseran. Anak-anak muda zaman sekarang lebih suka melancarkan godaannya melalui penelusuran media sosial yang bersangkutan, terutama Instagram. Di awali dengan follow akunnya, memberi love dan komentar di postingan, hingga memberanikan diri untuk Direct Message (DM) adalah langkah-langkah lumrah yang dilakukan. 

Tapi, pernahkah kamu berpikir apakah cara PDKT melalui Instagram yang dilakukan sudah cukup baik? Sebagai referensi, berikut beberapa kumpulan Dos (yang boleh dilakukan) dan Don’ts (yang tidak boleh dilakukan) untuk membantumu PDKT di Instagram.

Tips dan Trik PDKT

1. Lakukan: Follow dahulu Sebelum Mengirim DM

 Tips dan Trik PDKT  1

Mendapat DM dari orang yang tidak saling follow di Instagram tentu sangat tidak menyenangkan, bahkan bisa dianggap tidak sopan. Hal ini harus kamu sadari jika memang ingin PDKT dengan orang lain. Pastikan kamu sudah mengikuti (follow) akunnya dan akan semakin baik jika dia juga mengikuti balik (follow back) akunmu. Setelahnya, kamu bisa memberanikan diri mengirim pesan yang baik untuknya. Hal ini tidak akan dianggap terlalu agresif selagi kamu melakukannya dengan sopan. Tetapi satu hal yang harus diingat, jika dia menggembok akunnya dan tidak menerima permintaan follow-mu, maka jangan paksakan diri. 

2. Jangan: Memberi Love pada Setiap Postingannya

 Tips dan Trik PDKT

Kita pasti setuju bahwa menyukai orang lain secara berlebihan adalah ide buruk karena akan dianggap obsesif. Begitupun dalam upaya PDKT di Instagram, jangan berpikir bahwa memberi love setiap postingannya apalagi dalam satu waktu berdekatan pasti akan membuat dia senang. Bisa jadi dia justru merasa terganggu apalagi jika kalian belum saling kenal. Ada tips yang bisa dicontoh jika kamu ingin memberi love pada postingan instagram seseorang yaitu dengan menyukai postingan yang mengungkapkan lebih dari sekedar penampilan dirinya, seperti fotonya liburan atau postingan ketika dia melakukan hobi tertentu.

3. Lakukan: Kirim DM yang Sopan

 Tips dan Trik PDKT  l

Mengirim pesan melalui DM adalah bentuk langkah maju PDKT melalui Instagram. Jika belum kenal sebelumnya, maka perkenalkan dirimu dahulu sebelum menanyakan tentang dirinya. Kirimlah pesan dengan sopan namun tetap ringan agar tidak dianggap membosankan. Jika perlu, jadilah lebih lucu dan menarik agar DM bisa berlanjut menjadi obrolan. Gali minat dirinya melalui percakapan itu agar kamu bisa memulai percakapan di kemudian hari dengan topik yang ia sukai.

4. Jangan: Mengirim Beberapa DM Sebelum Ia Membalas

Blur, Smartphone, Chatting, Cellphone, Close-Up, Girl

Aturan tak tertulis dari PDKT melalui media sosial adalah jangan terkesan menyeramkan. Ya, meskipun DM yang dikirim tidak mendapat respon, jangan langsung menerornya dengan DM DM lanjutan. Apalagi melalui DM Instagram kamu bisa melihat apakah dia sudah membaca atau belum. Jika dia sudah membaca tapi tidak dibalas, itu sudah menjadi pertanda yang harusnya kamu sadari.

5. Lakukan: Memberi Pertanyaan Berkedok Komentar

 Tips dan Trik PDKT   x

Cara terbaik untuk mendapatkan respon dari seseorang melalui Instagram adalah dengan memberikan komentar di postingannya. Tetapi komentar saja tidak cukup karena dia sendiri mungkin akan mengabaikannya.

Baca Juga:
Bosan dengan Bunga dan Coklat? Berikut 15 Ide Hadiah Anniversary untuk Pasangan
Relationship Anxiety: Alasan Mengapa Hubungan Terasa Tidak Menyenangkan

Kamu juga menjadi tidak tahu apakah dia membaca komentar itu atau tidak. Oleh karena itu, kamu bisa melakukan trik berupa membingkai komentar sebagai pertanyaan. Sebagai contoh jika mengomentari postingan liburannya, kamu bisa menulis ‘Wah, seru sekali liburannya. Apa kamu punya blog untuk saya membaca pengalaman seru ini?’

6. Jangan: Tanyakan yang Tidak Akan Kamu Tanyakan Secara Langsung

 Tips dan Trik PDKT   z

Media sosial seringkali membuat kita terlalu bebas sehingga kata-kata yang tertulis tidak terkontrol. Sebelum memberikan pertanyaan atau tanggapan baik melalui DM atau komentar, pikirkan kembali tentang pertanyaan tersebut. Tips untuk mempertimbangkan pertanyaan itu adalah dengan bertanya pada diri sendiri ‘apakah pertanyaan itu akan saya tanyakan jika bertemu langsung dengan orangnya?’ Jika jawabannya tidak, maka jangan berikan pertanyaan itu.

7. Lakukan: Pengarahan Interaksi Secara Offline

Tips dan Trik PDKT

Tujuan akhir dari PDKT melalui Instagram tentu saja adalah untuk bertemu langsung dengan orangnya. Jadi, tak perlu memperpanjang PDKT online jika sudah ada tanda bahwa ia bersedia melakukan pertemuan offline. Pertemuan langsung akan jauh lebih menunjukkan bagaimana karakter dia sebenarnya dan memehami apa saja minatnya. 

8. Jangan: Memberi Harapan Palsu

Jika kamu sejak awal tidak tertarik dengan dirinya, jangan memberi sinyal palsu melalui perhatian di Instagram. Di sisi lain, ada juga yang memang sengaja PDKT di Instagram tetapi tidak berani melakukan pertemuan tatap muka. Hal ini juga tidak baik karena akan membuat seseorang merasa dipermainkan.

9. Lakukan: Pemberian Sinyal yang Jelas

Memberikan sinyal atau petunjuk bahwa kamu tertarik dengan seseorang adalah hal baik. Biarkan dia memutuskannya sendiri apakah menyambut ketertarikan itu atau tidak. Kamu tentu bisa memperkirakan apakah dia menyambutnya atau tidak melalui respon yang diberikan. Tetapi perlu diingat bahwa berikan sinyal yang jelas, jangan abu-abu. Jangan ragu pula untuk mengatakan bahwa kamu ingin bertemu dengannya atau mengajaknya berkencan.

10. Jangan: Hanya Mengandalkan Instagram

Perlu diingat bahwa Instagram bukanlah situs kencan. Artinya, pengguna Instagram sangat beragam keperluannya. Kamu tidak akan tahu apakah seseorang yang memberi love pada postinganmu karena ia hanya menyukai postingan itu atau karena ia menyukai dirimu.

Semua hanya akan berakhir dengan asumsi. Oleh karena itu, jangan mengandalkan Instagram untuk PDKT. Kamu harus berani mengajaknya bertemu langsung atau menghubunginya selain melalui media sosial.