in

Socially Awkward : Mengenal Kecanggungan Sosial yang Mungkin Pernah Kamu Alami

Socially Awkward Kecanggungan Sosial – Kamu pasti pernah mengalami awkward moment. Ini adalah kondisi ketika kita tiba-tiba merasa tidak tahu harus berbuat apa atau melanjutkan pembicaraan apa dengan seseorang, terutama yang baru dikenal. Kondisi ini juga bisa terjadi saat kita membahas sesuatu yang begitu seru tetapi kemudian lawan bicara tidak merespon seperti apa yang kita rasakan. Tiba-tiba, semua terkesan sunyi dan menjadi canggung.

Baca juga: Relationship Anxiety: Alasan Mengapa Hubungan Terasa Tidak Menyenangkan

Lalu, pernahkah kamu mengalami socially awkward? Atau mungkin kamu baru mengetahui istilah ini dan tidak sadar bahwa pernah terjadi pada dirimu sendiri. Ya, socially awkward adalah sebuah perasaan canggung ketika melakukan interaksi sosial. Seseorang yang mengalami ini merasa tidak nyaman akan lingkungannya sehingga tanpa disadari justru terlihat aneh.

Ciri Kondisi Socially Awkward

Agar lebih memahami bagaimana kondisi socially awkward ini, berikut adalah ciri-ciri terjadinya kecanggungan sosial yang mungkin pernah kamu alami.

1. Tidak Mengenali Diri Sendiri

C:\Users\USER\Documents\sribulencer\68.Anita 20 artikel\10.1.jpg

Pada suatu keadaan di tengah banyak orang, tiba-tiba kamu merasa ada yang salah dengan dirimu sendiri. Kamu seolah bingung dan tidak mengenali diri sendiri. Kamu mencoba melakukan kontak mata hingga memulai pembicaraan, tetapi seolah itu bukan suaramu sendiri. Pada akhirnya, mungkin kamu akan menjauh seperti ke kamar kecil untuk sekedar merapikan rambut dan pakaian. Ya, kejadian-kejadian seperti ini adalah sebagian contoh bahwa kamu mengalami socially awkward.

2. Merasa Ingin Membuat Peraturan Sendiri

C:\Users\USER\Documents\sribulencer\68.Anita 20 artikel\10.2.jpg

Ingin membuat peraturan sendiri? Apa maksudnya? Kondisi ini mungkin terjadi di saat kamu begitu bingung ditengah interaksi sosial. Kamu tiba-tiba merasa tidak bisa mengikuti kebiasaan orang-orang dalam berinteraksi. Dalam pikiran, kamu seperti merasa ingin membuat peraturan sendiri yang diikuti oleh orang lain. Ya, kamu merasa tidak adil dengan kebiasaan orang lain yang harus kamu ikuti.

3. Tidak Bisa Mengemukakan Pendapat

C:\Users\USER\Documents\sribulencer\68.Anita 20 artikel\10.3.jpg

Kamu padahal orang yang sangat cerdas dan memiliki argumen yang sudah menari-nari di kepala. Tetapi dalam keadaan socially awkward, tiba-tiba kamu tidak bisa mengungkapkan semua ide-ide di kepalamu. Ada perasaan malu untuk mengungkapkannya hingga berakhir dengan memendamnya sendiri.

4. Ingin Menghindar

C:\Users\USER\Documents\sribulencer\68.Anita 20 artikel\10.4.jpg

Menghindar adalah senjata paling aman dalam kondisi socially awkward. Kamu merasa kecemasan dalam diri sudah mencapai titik tak tertahan sehingga tidak mungkin melanjutkannya. Namun sayangnya hal ini seringkali tidak tepat, apalagi jika kamu berada dalam lingkungan kerja. Memaksakan diri untuk menghindar akan membuat reputasi kerjamu buruk. 

5. Merasa Terasing

C:\Users\USER\Documents\sribulencer\68.Anita 20 artikel\10.5.jpg

Masih sangat berkaitan dengan poin-poin sebelumnya, perasaan seseorang ketika berada di socially awkward adalah merasa terasing. Inilah mengapa kebanyakan orang yang mengalami socially awkward adalah mereka yang introvert. Mereka justru merasa nyaman dan bisa menjadi diri sendiri ketika di ruangan pribadi. Akhirnya, ketika dihadapkan pada interkasi sosial justru merasa tidak penting dan tidak pula diperdulikan.

Baca juga: Jangan Disebar! Inilah Hoax Seputar Virus Corona yang Harusnya Tidak Kamu Percaya

Mengatasi  Socially Awkward

Berada di kondisi socially awkward memang sangat tidak menyenangkan. Rasa canggung yang dialami tidak sesederhana awkward moment yang mungkin beberapa kali kamu rasakan. Nah, jika kamu memang tergolong orang yang mengalami socially awkward, berikut adalah beberapa tips untuk mengatasinya.

1. Jangan Menyangkal Perasaan Canggung

Tips pertama yang harus kamu lakukan adalah jangan menyangkal perasaan canggung yang muncul. Penerimaan adalah bentuk memahami diri sehingga kamu bisa mencari solusinya. Jika socially awkward tiba-tiba datang, jangan pura-pura menolak karena akan membuat perilakumu semakin aneh dan orang lainpun akan menyadari keanehan itu. Kondisi tersebut tentu akan memperburuk keadaan. 

2. Jangan Menghindari Orang Lain

Menghindari orang lain adalah bukanlah pilihan bijak jika ingin mengatasi socially awkward. Cobalah untuk menenangkan diri dengan menarik nafas panjang atau meminum air putih. Perhatikan orang-orang sekitar, jika ada yang menarik perhatian kamu bisa mendekatinya untuk memulai pembicaraan.

3. Jangan Ragu Berjabat Tangan

Ketika kamu bertemu orang lain, kecanggungan sangat mungkin terjadi karena tidak ada kontak fisik. Oleh karenanya, jangan ragu untuk berjabat tangan. Kontak fisik seperti ini akan memberi kesan dekat dan hangat. Berjabat tangan juga seperti mentransfer energi baik karena ketika berjabat tangan biasanya akan disertai dengan senyuman.

Itulah beberapa informasi seputar socially awkward. Semoga dengan informasi ini kamu bisa memahami bahwa tidak ada yang salah pada dirimu jika mengalami kecanggungan sosial. Kamu hanya butuh berlatih dan menenangkan diri.